Share

Cukup Scan Kode QR, Jamaah di Masjid Ini Langsung Dapat Kisah Sahabat

Hantoro, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 615 2259638 cukup-scan-kode-qr-jamaah-di-masjid-ini-langsung-dapat-kisah-sahabat-wJvhYXVwz6.jpg Masjid di Dubai, Uni Emirat Arab. (Foto: Khaleej Times)
A A A

DEPARTEMEN Urusan Islam dan Kegiatan Amal di Dubai (IACAD) menambahkan fitur digital di masjid-masjid tertentu. Fasilitas bagi pengunjung ini dapat memberikan biografi sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Caranya, jamaah cukup memindai (scan) kode QR yang tersedia di papan nama masjid.

Baca juga: Masjid Al Yahya Karanganyar, Pilar Kayunya Awet sejak Masa Wali Songo 

Masjid-masjid yang akan memiliki fitur ini adalah yang diberi nama para sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, seperti Abu Bakr As-Siddiq, Umar bin Khattab, dan Khadijah binti Khuwailid.

"Sebuah fitur baru telah diluncurkan untuk memperkenalkan biografi sahabat Nabi melalui kode QR. Jamaah dapat melihat biografi sahabat saat memindai kode QR. Ini akan langsung memberi jamaah informasi tentang kehidupan sahabat, menghemat upaya untuk online dalam mencari tentang sahabat dan masjid," jelas Ammar Ali, kepala pengembang pemrograman di IACAD, dikutip dari Khaleej Times, Senin (10/8/2020).

Bagian teknologi informasi IACAD telah menyematkan kode QR di papan nama masjid dan setelah dipindai akan memberikan detail seperti nama lengkap sahabat, informasi kehidupannya yang akan mencakup detail tanggal lahir dan tanggal kematiannya.

Baca juga: Masjid Bersejarah Era Kekaisaran Ottoman di Yunani Dilempari Batu 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Ada juga informasi tentang masjid, misalnya kapan masjid dibangun dan fitur-fiturnya yang menonjol.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini 3 Masjid Bersejarah dan Ikonik di Lebanon 

"IACAD mengadopsi praktik global terbaik dengan menyediakan berbagai layanan cerdas dan digital. Langkah ini bertujuan menyoroti langkah UEA dalam mempercepat transformasi digital dan mengadopsi teknologi pintar untuk meningkatkan kepuasan pelanggan," kata Ali Salem Al Kharousi, kepala bagian layanan IACAD.

Mereka bekerja untuk membuat inovasi dalam mengadopsi serangkaian inisiatif digital dan cerdas yang berkelanjutan. Ini berkontribusi untuk meningkatkan daya saing UEA secara global, sejalan dengan arahan para pemimpin.

Baca juga: Masjid Al Madhoun, Saksi Sejarah Masuk Islam Budak Penolong Nabi Muhammad 

Ilustrasi masjid. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini