Share

5 Masjid Terapung Terunik di Dunia, Bakda Sholat Bisa Menikmati Senja Lho

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2020 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 10 615 2259789 5-masjid-terapung-terunik-di-dunia-bakda-sholat-bisa-menikmati-senja-lho-ijaybaNz6n.JPG Masjid Selat Malaka di Malaysia (Foto: Pic Fair)
A A A

HAMPIR di seluruh negara memiliki masjid yang jadi bagian pusat ibadah bagi umat Islam. Bukan hanya dijadikan sarana ibadah saja, beberapa masjid mempunyai nilai sejarah dan bangunannya yang cantik nan memesona.

Misalnya, masjid yang dibangun di atas laut atau perairan lainnya. Sehingga memberikan kesan lebih unik, dan sekaligus menjadi pemandangan iindah bagi para pengunjungnya.

Nah, berikut ini lima masjid yang di bangun di atas perairan, sperti dikutip dari laman About Islam dan Wikipedia, Senin (10/8/2020).

1. Masjid Hassan II (Maroko)

Masjid Hassan II (Arab مَسْجِدُ آلْحَسَنِ آلثَانِي) tertelak di Kota Casablanca, Maroko. Dibangun pada 1980 yang desain oleh arsitek asal Prancis, Michel Pinseau dan dibangun oleh Bouygues.

Masjid Hassan II, Maroko

Masjid ini dibangun di bibir pantai, dan menghadap langsung ke Samudera Atlantik. Hassan II juga memiliki menara tertinggi di dunia, yakni ketinggiannya mencapai 210 meter atau 689 kaki. Selain itu di dalamnya bisa memuat sekiat 25 ribu jamaah, serta bagian pelatarannya dapat menampung hingga 80 ribu orang.

Menariknya, masjid ini juga dijuluki sebagai masjid terapung terbesar di dunia. Bahkan juga disebut-sebut sebanding dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Baca juga: Ini 4 Cara Meredam Amarah Sesuai Sunah Rasulullah

2. Masjid Ar-Rahma (Arab Saudi)

Masjid Ar-Rahma merupakan masjid terapung yang berada di kawasan Laut Merah dan sepanjang Jalan Cornish, Jeddah, Arab Saudi. Arsitekturnya cukup mewah, bernuansa putih.

Masjid Ar-Rahma, Arab Saudi

Menariknya, para jamaah yang bisa sekaligus melihat senja di Laut Merah yang indah, dan kaya akan sejarah. Selain itu, masjid ini memiliki sebutan lainnya yaitu Masjid Fatimah Az Zahra. Di mana mengacu kepada putri kesayangan Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam.

3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin (Brunei Darussalam)

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin, merupakan masjid kerajaan Kesultanan Brunei yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota Brunei Darussalam. Rumah ibadah umat Islam ini adalah salah satu masjid paling mengagumkan di Asia Pasifik, serta menjadi markah tanah dan daya tarik wisata utama di negara tersebut.

Masjid Sultan Omar Ali

Masjid terapung ini berlokasi di pinggir Sungai Kedayan. Memadukan gaya arsitektur Mughal dan Italia, sehingga penampilannya terasa lebih megah dan mewah.

Bangunan masjid mewah tersebut dirancang oleh biro arsitekur Booty and Edwards Chartered berdasarkan rancangan karya arsitek berkebangsaan Italia Cavaliere Rudolfo Nolli, yang telah lama bekerja di teluk Siam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Masjid Selat Melaka (Malaysia)

Masjid Selat Melaka adalah sebuah masjid yang terletak di Pulau Malaka, di Kota Malaka, Malaka, Malaysia. Diresmikan oleh salah satu pimpinan tertinggi di Malaysi, yakni Tuanku Syed Sirajuddin Syed Putra Jamalullail pada 24 November 2006 lalu.

Masjid Melaka Straits

Masjid ini dibangun dengan perpaduan antara Timur Tengah dan Melayu, dan jika airnya pasang masjid ini seperti benar-benar menjadi masjid terapung. Kemudian masjid ini memiliki menara setinggi 30 meter sebagai mercusuar. Para pengunjung juga dapat menikmati senja di masjid ini.

5. Masjid Amahami, Bima, NTB (Indonesia)

Masjid Terapung Amahami berlokasi Pantai Amahami di Jalan Sultan Muhamad Salahuddin, Belo, Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masjid satu ini cukup menarik perhatian karena menjadi salah satu bagunan yang cukup unik.

Masjid Amahami di NTB

Desain masjid ini cukup unik, bagian atasnya berbentuk segitiga dan beberapa menaranya disertai dengan kubah. Menariknya lagi, terdapat ornamen khas Bima, yaitu bunga Satako yang artinya bunga setangkai. Ada makna khusus di balik bunga satako, yaitu mencerminkan menebar kebaikan di dan keharmonisan di sekitarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini