Share

Alquran dan Sains Buktikan Yogurth Minuman Berkhasiat untuk Kesehatan

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 02:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 614 2261247 alquran-dan-sains-buktikan-yogurth-minuman-berkhasiat-untuk-kesehatan-zRAapZdUK7.jpg Ilustrasi yogurth (stutterstock)
A A A

YOGURTH biasanya jadi salah satu menu yang dipilih untuk diet, dan juga dikonsumsi bagi orang yang baru sembuh dari sakit karena baik untuk pencernaan. Tapi tahukah kalian, bahwa minuman fermentasi ini juga dianjurkan dikonsumsi oleh Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam?

Dikutip dari “Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah” yang ditulis oleh Dr. Nadiah Thayyarah, Rasulullah bersabda:

“Aku tidak tahu sesuatu yang mencukupi dari makanan dan minuman selain susu.” (HR. At-Tirmidzi).

Baca juga: Yuk, Belajar Hidup Sehat dari Nabi Muhammad SAW

Selain itu Nabi Muhammad juga bersabda; “Allah senantiasa menurunkan penyakit dengan obatnya, maka minumlah oleh kalian susu sapi, karena ia (sapi) makan dari tiap pohon.” (HR. Ahmad).

Dalam riwayat lain, ia bersabda: “Minumlah oleh kalian susu sapi, karena susunya adalah obat, lemaknya adalah penyembuh dan dagingnya adalah penyakit.” (HR. At-Tirmidzi).

Susu merupakan makanan pertama yang dikonsumsi manusia sejak pertama lahir ke dunia. Para ahli gizi berpendapat, bahwa susu adalah satu-satunya makanan yang dapat mencukupi kebutuhan manusia tanpa makanan dan minuman lainnya selama jangka waktu tertentu.

Baca juga: 7 Fakta Istimewa Khadijah, Istri Rasulullah SAW yang Dikenang Sepanjang Masa

Sementara itu, orang Arab pada zaman dahulu biasa mengatakan aI-halib yang berarti susu segar dengan nama al-laban yang berarti susu kental (yogurt). Oleh karena itu, kita harus mengetahui perbedaan antara susu dengan yogurt.

Adapun kandungan gizi yang terdapat pada yogurt tidak jauh berbeda dari kandungan dalam susu murni. Yogurt terbuat dari susu yang difermentasikan dengan bakteri baik, serta dapat mengubah gula dalam susu menjadi asam.

Yogurt bermanfaat baik bagi orang sakit ataupun sehat karena sifatnya yang mudah dicerna. Selain itu minuman fermentasi ini biasa dipakai untuk mengobati diare, gangguan perut, dan usus.

Oleh karenanya Allah subhanahu wa ta’ala mencipatakan hewan ternak (sapi, kambing, domba, unta) untuk diambil susunya. Kemudian manusia bisa mengolahnya menjadi bentuk lain, salah satunya adalah yogurt karena di dalamnya terdapat banyak sekali manfaat.

Sebagaimana tertulis di dalam Alquran, Allah Subahanahu wa ta’ala berfirman:

وَإِنَّ لَكُمْ فِى ٱلْأَنْعَٰمِ لَعِبْرَةً ۖ نُّسْقِيكُم مِّمَّا فِى بُطُونِهِۦ مِنۢ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَآئِغًا لِّلشَّٰرِبِينَ

Wa inna lakum fil-an'āmi la'ibrah, nusqīkum mimmā fī buṭụnihī mim baini farṡiw wa damil labanan khāliṣan sā`igal lisy-syāribīn

Artinya: "Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya." (QS. An Nahl: 66).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini