Share

Benarkah Perempuan Tidak Boleh Duduk Bersila?

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 18 330 2263873 benarkah-perempuan-tidak-boleh-duduk-bersila-Z7SVFlkYUH.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
A A A

ADA kaidah yang wajib ditaati seorang wanita muslim, terutama dalam hal menutup aurat. Namun, di zaman sekarang ini, hampir tidak ada perbedaan antara pria dan wanita baik dari soal penampilan hingga berperilaku, seperti cara duduk.

Duduk menyilangkan kaki atau bersila yang lazimnya dilakukan pria juga seringkali dilakukan wanita. Bahkan duduk dengan mengangkang seolah sudah bukan hal tabu bagi wanita. Lantas muncul pertanyaan, bolehkah wanita duduk seperti itu?

Pimpinan Majelis Ahbaabul Musthofa, Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Habib Hasan bin Ismail Al-Muhdhor menjelaskan, dalam syariat Islam tidak ada aturan secara jelas membahas perempuan duduk bersila atau mengangkang.

Baca juga: Jangan Pernah Lelah Bertobat Meski Maksiat Terus Berulang

Menurutnya, dalam posisi duduk tidak ada larangan dan perbedaan baik laki-laki maupun perempuan. Bahkan dalam sholat pun, posisi duduk laki-laki dan perempuan sama persis, yang membedakan hanya posisi tangan.

Hanya saja, lanjut Habib Hasan, mungkin dalam adat istiadat setiap daerah berbeda. Di mana seyogyanya perempuan hendaknya lebih condong kepada sifat malu. Hal ini lebih menyangkut etika dan sopan santun, bukan pada hukum syariat Islam.

“Perempuan duduk metingkrang boleh-boleh saja tapi tidak pantas, karena adat kita Indonesia ini adalah ketimuran,” ujar Habib Hasan, dikutip dari akun YouTube, Ahbaabul Musthofa Channel, Selasa (18/8/2020).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Habib Hasan menambahkan, duduk bersila di depan orang memang tidak masalah dalam syariat Islam, namun karena kebiasaan di daerah kita perempuan itu tidak pantas duduk bersila akhirnya hal tersebut seringkali menjadi bahan pembicaraan masyarakat.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya dalam dirimu ada dua sikap yang dicintai Allah, yakni sifat santun dan malu,” (HR. Ibnu Majah).

"Memang tidak ada hukumnya dalam posisi duduk perempuan, para perempuan bebas duduk dengan cara apapun, akan tetapi kita hidup di daerah yang memiliki adat atau cara-cara tersendiri, maka akan lebih baik jika kita mengikuti cara itu, selama hal tersebut tidak melanggar syariat Islam," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini