Share

Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam Diimbau Jaga Protokol Kesehatan

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2020 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 19 614 2264515 pawai-obor-sambut-tahun-baru-islam-diimbau-jaga-protokol-kesehatan-szlj5WtC71.JPG Pawai obor sambut tahun baru Hijriah (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)
A A A

PERAYAAN tahun baru Islam 1441 Hijriah/2020 akan terasa berbeda. Kementerian Agama (Kemenag) meminta agar masyarakat menjaga protokol kesehatan, bila ingin melakukan pawai obor.

Mengingat Covid-19 masih mewabah di Indonesia, dan pawai tersebut merupakan kegiatan yang selalu dilakukan ketika memasuki awal bulan Muharram.

“Jika ada seremonial perayaan, agar digelar sederhana dan mematuhi protokol Covid-19," ujar Dirjen Bimas Islam, Kamaruddin Amin dalam keterangan resminya kepada Okezone, Rabu (19/8/2020).

Ia mengingatkan, bahwa saat ini dunia, termasuk Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19. Karenanya, Kamaruddin berharap, segala bentuk giat menyambut tahun baru digelar secara sederhana dan mengantisipasi terjadinya penularan Covid.

Baca juga: Yuk Amalkan, Ini Kesunahan Berpahala Besar di Bulan Muharram

“Untuk itu, seperti perayaan hari besar Islam sebelumnya (Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha), protokol kesehatan Covid-19 harus diterapkan,” terangnya.

"Tetap jaga jarak dan hindari potensi kerumunan massa," tambahnya.

Kamaruddin mengatakan, tahun baru Islam 1442 H menjadi sarana evaluasi diri atas capaian individu sebagai hamba Allah dan juga capaian kolektif sebagai warga bangsa dan komunitas umat Islam. Termasuk juga evaluasi terkait kualitas keberagamaan.

"Hijrah berarti bertransformasi ke arah yang lebih baik. Semoga setiap tahun kita naik kelas," ucapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini