Share

Tahun Baru Islam Isi dengan Spirit Hijrah Gotong Royong Hadapi Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 614 2265389 tahun-baru-islam-isi-dengan-spirit-hijrah-gotong-royong-hadapi-covid-19-8ml5dpYgXw.jpg Ilustrasi hijrah. (Foto: Shutterstock)
A A A

SEKRETARIS Umum PP Muhammadiyah KH Abdul Mu'ti mengatakan makna hijrah mengandung tiga pengertian. Pertama, secara bahasa berarti berpindah dari satu tempat berdomisili ke tempat domisili yang lain.

"Kedua, hijrah secara historis berarti berpindahnya Nabi Muhammad dan para sahabat," jelas KH Abdul Mu'ti dalam keterangannya, Jumat (21/8/2020).

Baca juga: Alquran dan Sains: Jaring Laba-Laba Rapuh tapi Melindungi Rasulullah 

Kemudian makna ketiga, hijrah secara spiritual yaitu meninggalkan semua perbuatan yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Ia melanjutkan, dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriah ada tiga spirit yang perlu ditransformasikan dalam kehidupan pribadi, sosial, dan budaya.

"Pertama, secara pribadi kita hendaknya melakukan hijrah spiritual untuk menjadi manusia yang lebih baik, berubah dari kebiasaan dan tabiat lama yang tidak baik menuju kebiasaan dan amalan yang utama, dari maksiat menuju tobat, taat, dan takwa. Tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik," terangnya.

Kedua, secara sosial setiap Muslim dapat memperkuat persaudaraan dan persatuan yang sejati dalam masyarakat yang pluralistis sebagaimana persahabatan Muhajirin dan Anshar. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam mempersaudarakan pendatang (Muhajirin) dengan penduduk asli (Anshar).

Baca juga: Dahsyatnya Puasa Asyura Menghapus Dosa-Dosa, Ini Penjelasan Buya Yahya 

Ketiga, secara politik hijrah memberikan pelajaran tentang masyarakat hukum.

"Semua warga Madinah terikat dengan Piagam Madinah sebagai 'undang-undang' yang berlaku bagi semua warga Madinah. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sebagai kepala negara Madinah membangun masyarakat yang mematuhi hukum dan menegakkan hukum secara adil," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Oleh karena itu, makna spiritual, sosial, dan politik hijrah tersebut yang sekarang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Apalagi di tengah pandemi covid-19 saat ini nilai tersebut harus diterapkan.

"Semangat persatuan dan persahabatan yang diwujudkan dalam sikap saling menghormati, tolong menolong, dan gotong royong," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ini Kekayaan yang Akan Didapat Orang Hijrah di Jalan Allah Ta'ala 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini