Share

Baca Ini, Rasulullah Jamin Doamu Diijabah Allah Ta'ala

Saskia Rahma Nindita Putri, Jurnalis · Jum'at 21 Agustus 2020 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 21 618 2265410 baca-ini-rasulullah-jamin-doamu-diijabah-allah-ta-ala-5hdosb36lc.jpg Ilustrasi berdoa. (Foto: Shutterstock)
A A A

DOA merupakan sebuah permohonan seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa ta'ala yang berisi harapan serta keinginan. Memanjatkan doa kepada Allah Azza wa jalla begitu dianjurkan karena Allah Ta'ala senang kepada hamba yang senantiasa berkeluh kesah hanya kepada-Nya.

Tentu semua doa yang dipanjatkan diharapkan segera dikabulkan. Agar dapat cepat diijabah, terdapat beberapa ketentuan yang harus diikuti, salah satunya sebagaimana ajaran Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam sebelum memanjatkan doa.

Baca juga: Ini Kisah-Kisah Ucapan Jadi Doa, Salah Satunya Dialami Nabi Yusuf 

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menganjurkan agar selalu melafazkan bacaan berikut ini supaya doa dapat diijabah oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Adapun bacaan doa tersebut yaitu:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنِّي أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Allahumma inni as'aluka bi anni asyhadu annaka antallahu, la ilaha illa antal ahadus shamad, alladzi lam yalid wa lam yulad, wa lam yakullahu kufuwan ahad

"Ya Allah, aku memohon (pertolongan) kepada-Mu, aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah. Tiada Tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apa pun yang menyamain-Nya."

Doa tersebut dikutip oleh Imam An-Nawawi dari Sunan Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i, dan Ibnu Majah dari Buraidah Radhiyallahu anhu.

Baca juga: Utang Menumpuk? Baca Doa Ini agar Dilunasi Allah 

Ilustrasi berdoa. (Foto: Shutterstock)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dijelaskan bahwa bacaan tersebut terlebih dahulu dilafazkan sebelum berdoa. Sebenarnya doa ini mirip dengan Surah Al Ikhlas yang mentauhidkan Allah Subhanahu wa ta'ala. Doa ini sangatlah bagus jika diamalkan setiap hari.

Baca juga: Berdoa secara Berlebihan Ternyata Tidak Disukai Allah Ta'ala 

"Dikisahkan pada saat itu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam melihat seorang laki-laki hendak memanjatkan doa, dan laki-laki itu membaca doa ini. Maka Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Sungguh orang ini dia telah memohon kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika dia dimohon dengannya niscaya Dia (Allah) memberi. Dan jika dia diseru dengannya, niscaya Allah mengabulkannya," jelas Ustadz Khalid Basalamah, dikutip dari akun Youtube-nya, Jumat (21/8/2020).

"Baca itu, lalu baru masuk ke doa kita. Dijamin oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam akan diijabah," tegasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ini Doa Memohon Hisab yang Mudah di Akhirat Kelak, Bisa Dibaca Kapan Saja 

Ilustrasi berdoa. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini