Share

Meraih Keberkahan dengan Bersedekah

Mustafidhotul Ummah, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 330 2268848 meraih-keberkahan-dengan-bersedekah-PdfY5TpDGL.jpeg ilustrasi (stutterstock)
A A A

BERSEDEKAH merupakan amalan yang paling mulia dan menuai banyak pahala. Bersedekah bisa dilakukan dengan harta, uang, atau berupa jasa, makanan, memberikan ilmu dan sebagainya yang membawa dampak baik kepada orang lain.

Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصبِحُ العِبادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلانِ، فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُولُ الآخَرُ: اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya : “Tidak ada hari kecuali setiap hari tersebut ada dua malaikat yang turun setiap pagi dan berkata salah seorang diantara mereka, ‘Ya Allah berilah ganti bagi orang yang berinfaq‘, dan berkata malaikat yang lain, ‘berilah kebinasaan bagi orang yang kikir.'” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca juga: 15 Peristiwa Besar yang Terjadi di Hari Asyura 10 Muharram

Hadist tersebut sudah menjelaskan, bahwa dengan kita bersedekah dapat membawa keberkahan. Jika niat kita tulus lillahi ta'ala Insya Allah sedekah sekecil apapun akan diganti oleh Allah lebih dari itu.

Sesuai dengan Alqur’an Surat Al-Baqarah:261, Allah Berfirman :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Lalu, disamping itu sedekah juga bisa memperpanjang umur, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani)

Pendakwah kondang Ustadz Yusuf Mansur mengatakan bahwa keberkahan itu bisa disebut keuntungan dan keberuntungan seperti contoh sebuah keluarga yang melahirkan satu anak, dan tak lama kemudian bisnis yang dijalankan oleh orang tua tersebut mengalir tidak ada hentinya. Ini dapat disimpulkan bahwa anak tersebut membawa keberkahan.

“Dengan melihat nikamatnya sedekah saja Insya Allah, mudah – mudahan Allah sudah berikan permisa keberkahan,” katanya dalam acara ‘Nikmatnya Sedekah’ seperti dikutip Okezone dari kanal Youtube MNCTV Official, Jumat (28/8/2020)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Islam menganjurkan umat untuk bersedekah sebagai bentuk kepedulian antarsesama dan bukti ketakwaan kepada Allah SWT.

Dalam hadist yang diriwayatkan Imam Tirmidzi dan Hasan Shahih, Rasulullah bersabda, “bertakwalah kepada Allah SWT di mana pun engkau berada. Iringilah keburukan dengan kebaikan, niscaya kebaikan tersebut akan menghapuskan keburukan. Dan pengaruhilah manusia dengan akhlak yang mulia.”

Hadis tersebut mengandung tiga wasiat Nabi yang sangat penting, yakni wasiat tentang hubungan secara vertikal manusia kepada Allah (habluminallah) dan hubungan secara horizontal sesama manusia (habluminannas).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini