Share

Bangga, Indonesia Punya 75 Varian Soto Lezat Mendunia

Riyadi Akmal, Jurnalis · Senin 07 September 2020 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 301 2273654 bangga-indonesia-punya-75-varian-soto-lezat-mendunia-2NJqqtcojh.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SUKU dan budaya di Indonesia yang beranekaragam membuat jenis kulinernya pun beragam. Mulai dari kuliner tradisional yang memiliki citra rasa bervariasi, sepeti soto.

Tidak jarang soto menjadi jenis kuliner yang khas di banyak daerah. Soto wajib dicicipi karena punya cita rasa berbeda-beda.

Hidangan soto sangat bervariasi. Mulai dari daging sapi, ayam, yang ditambahkan dengan telur, mi atau sayuran.

Tahu enggak Okezoners, kalau ternyata ada 75 jenis varian soto yang tersebar di Indonesia, dari barat ke timur. Masing-masing soto memiliki varian dan rasa yang khas sesuai daerahnya.

Perbedaan soto sendiri dipengaruhi oleh kekhasan kuliner di setiap daerah. Variannya juga beragam ada soto tauco, sroto, sauti atau coto.

Baca Juga: Si Gemas Maria Vania Kangen Liburan, Pernah ke Mana Aja Sih?

soto betawi

Selain itu berbagai macam soto, mulai dari soto Medan yang berkuah kuning santan, soto Tegal yang dicampur dengan tauco, Coto Makassar yang memiliki 40 jenis rempah-rempah atau soto tongkol dan cakalang yang berasal dari Madura.

Ada juga rujak soto yang merupakan khas Banyuwangi yang memadukan bumbu rujak dengan kuah soto gurih. Berbagai bahan masakan dari darat dan laut semunya dapat bersatu dalam semangkuk soto.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kuliner soto bahkan pernah menjadi salah satu perwakilan makanan khas Indonesia loh. DilansirOkezone dari Instagram @kemenparekraf.ri, pada 2016 Bekraf membawa 100 porsi soto untuk dikenalkan kepada warga jerman di acara Fankfuit Book Fair. Sotonya laris manis dalam hitungan menit.

Kemudian pada 2018 ketua Asosiasi Chef Indonesia (ACI) Chef Stefusantoso juga pernah membawa soto ayam sebagai perwakilan makanan khas Indonesia di acara The World Heritage Cuisine Summit and Food Festivair di India.

Tentu dengan prestasi itu, Okezoners harus bangga karena soto yang enak di lidah orang Indonesia, ternyata juga dicintai orang seantero dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini