Share

Tempat Wisata di Jakarta Selatan, Yuk Jelajahi Setu Babakan

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Selasa 15 September 2020 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 408 2277653 tempat-wisata-di-jakarta-selatan-yuk-jelajahi-setu-babakan-r8PHt7Fe25.jpg Setu Babakan. (Foto: Okezone)

BAGI Okezoners warga Jakarta pasti tidak asing lagi dengan tempat wisata Setu Babakan. Kawasan yang menjadi pusat segala macam kegiatan kebudayaan Betawi ini terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Perkampungan Budaya Betawi (PBB) merupakan embrio pusat kebudayaan Betawi, suatu tempat dimana ditumbuhkembangkan keasrian alam, tradisi Betawi yang meliputi : keagamaan, kebudayaan, dan kesenian Betawi.

Ide dan keinginan untuk membangun pusat kebudayaan Betawi sesungguhnya sudah tercetus sejak tahun 90-an. Kemudian oleh BAMUS BETAWI (Badan Musyawarah Masyarakat Betawi) periode 1996-2001 keinginan ini dituangkan dalam sebuah rancangan program kerja yakni “Membangun Pusat Perkampungan Budaya Betawi”.

Nah, yang harus Okezoners pahami bersama juga nih bahwa perkampungan budaya Betawi dibuat bukan untuk “mengaboriginkan” kaum Betawi dan juga bukan semata-mata untuk tujuan wisata. Tetapi lebih kepada pelestarian, pengembangan, dan penataan budaya Betawi.

Pada 10 Maret 2005 lahirlah Perda No. 3 Tahun 2005 tentang penetapan Perkampungan Budaya Betawi di Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan.

Mungkin sebagian Okezoners juga penasaran ada apa aja sih di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan dan wisata apa yang ditawarkan di kawasan seluas 289 hektare ini.

Berikut Okezone rangkum beberapa fakta yang ada di dalam Setu Babakan ini, ditulis Selasa (15/9/2020).

Baca Juga: 10 Tempat Tersembunyi dengan Pemandangan Anti-Mainstream di Bali

Sumber hukum

Perkampungan Budaya Betawi adalah program pembangunan pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Governor Dedicated Program) dalam rangka memenuhi amanat UUD 1945 (Pasal 32 Ayat 1 dan 2) dan Undang-Undang No.29/2007- bab V/Pasal 26 ayat 6 yang berisi “pemerintah provinsi DKI Jakarta melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat Betawi serta melindungi berbagai budaya masyarakat daerah lainnya yang ada di Daerah Provinsi DKI Jakarta”.

Potensi wisata

Kawasan seluas 289 hektare ini banyak potensi wisata yang bisa Okezoners jumpai. Berbagai aktivitas keseharian masyarakat Betawi bisa Okezoners lihat, seperti latihan pukul (silat), ngederes, aqiqah, injak tanah, ngarak penganten sunat dan lainnya. Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan memiliki potensi wisata dan daya tarik yang luar biasa, karena hanya di Setu Babakan ini kamu bisa menikmati 3 objek wisata sekaligus. Yaitu wisata budaya, wisata air dan wisata agro. Seharian di perkampungan budaya Betawi setu babakan akan terasa keramahtamahan penduduk, aktivitas masyarakatnya, gaya hidup dan lingkungan alam yang asri. Semua ini menjadikan pengunjung bertambah betah untuk berlama-lama di sini.

Naik perahu naga dan perahu kayuh

setu

Kegiatan ini merupakan salah satu pilihan wahana wisata yang paling populer di setu babakan. Okezoners bisa mencoba mengelilingi setu seluas 32 haktare dengan menggunakan perahu berbentuk naga. Jangan khawatir, Okezoners akan diminta mengenakan pelampung sebagai bagian dari keselamatan. Fasilitas wahana permainan air lainnya yang dapat Okezoners nikmati adalah perahu kayuh atau perahu bebek. Saat datang ke Setu Babakan bersama teman atau keluarga tentu akan sangat menyenangkan. Memiliki berbagai bentuk hewan air yang lucu membuat anak-anak akan senang bila diajak bermain perahu kayuh ini.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Fasilitas Setu Babakan

 setu babakan

Sebagai salah satu Kawasan cagar budaya, perkampungan Betawi Setu Babakan telah dilengkapi fasilitas-fasilitas umum seperti, tempat ibadah (mushola), panggung pertunjukan seni, tempat bermain anak-anak, teater terbuka, wisma, dan pertokoan souvenir. Dengan fasilitas tersebut, Okezoners dapat berfoto menggunakan busana adat khas Betawi.

Wisata kuliner

Ini adalah aktivitas yang paling disukai di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Okezoners bisa mencoba beragam kuliner khas Betawi yang banyak tersedia di are ini. Mulai dari kerak telor, soto Betawi, ikan pecak, gabus pucung, gado-gado, laksa, toge rebus, geplak, wajik, bir pletok, dodol, tape uli. Harganya juga tidak terlalu mahal kok Okezoners, dipatok mulai Rp18 ribu hingga Rp35. ribu saja.

Mempelajari budaya asli Betawi

Buat Okezoners yang datang bersama rombongan, bisa diminta untuk dipandu oleh kantor manajemen setu babakan. Biasanya rombongan wisata akan mendapatkan paket untuk mempelajari budaya asli Betawi. Okezoners akan disuguhi tarian khas Betawi yaitu tari topeng yang ditampilkan oleh anak-anak yang mengikuti sanggar budaya di setu babakan. Selain melihat tarian, Okezoners juga bisa melihat cara membuat dodol Betawi. Tidak hanya sekadar melihat, Okezoners juga bisa turut mencoba membuat dodol Betawi. Bahkan hasil buatan dodol Betawi itu pun bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini