Share

Yuk Bikin Odading Mang Oleh, Enak dan Nikmat

Novie Fauziah, Okezone · Rabu 16 September 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 298 2278711 yuk-bikin-odading-mang-oleh-enak-dan-nikmat-5Mvtx7SKw7.jpg (Foto: @novita._.sari/@resepjajananpasar/Instagram)
A A A

Belakangan ini viral video di media sosial, yaitu odading Mang Oleh di kawasan Kosambi, Bandung, Jawa Barat. Makanan ini merupakan salah satu kue tradisional, yang biasanya dijual bersama donat atau cakue.

Di beberapa daerah, odading disebut dengan nama yang berbeda-beda, misalnya kue bantal. Jika sulit menemukannya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, berikut bahan-bahan dan cara membuatnya, seperti dikutip instagram @novita._.sari.

Bahan-bahan:

300 gram tepung terigu

150 ml susu cair atau air santan, hangatkan hingga suam kuku (jangan panas ya nanti raginya mati kalau panas)

1 1/2 sendok makan margarin

65 gram gula pasir

1 butir telur

1 1/2 sendok teh ragi instan

1/2 sendok teh garam

Bahan Taburan:

Wijen putih secukupnya

Cara Membuat:

Campur tepung terigu, gula dan ragi. Masukkan telur dan santan/susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga lembut (agak lengket tidak apa-apa).

Masukkan margarin dan garam, uleni kembali adonan hingga lembut dan elastis.

Adonan akhir tidak kalis banget, agak lengket. Tutup adonan dengan plastik, diamkan di tempat hangat hingga mengembang dua kali lipat sekitar 30 - 40 menit.

Jika sudah mengembang, kempiskan adonan agar udara di adonan keluar. Letakkan adonan di tempat rata yang sudah di lumuri tepung terigu agar tidak lengket. Taburi atasnya dengan sedikit tepung terigu agar tidak lengket ketika digilas.

Gilas adonan hingga rata dengan ketebalan dua centimeter. Potong-potong bentuk kotak sesuai selera ukurannya. Olesi atasnya dengan air, taburi wijen secukupnya. Diamkan 20 menit untuk fermentasi kedua.

Panaskan minyak, goreng adonan roti di minyak hingga matang. Sajikan selagi hangat.

 Di beberapa daerah, odading disebut dengan nama yang berbeda-beda.

Baca juga: Tips Atasi Kacamata Berembun saat Pakai Masker

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini