Share

6 Gunung Dekat Malang yang Asyik untuk Didaki

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 408 2278889 6-gunung-dekat-malang-yang-asyik-untuk-didaki-6dbcYj2qC2.jpg Gunung Semeru, Jawa Timur (Dok Okezone)

MALANG merupakan salah satu daerah destinasi wisata di Jawa Timur. Dengan letak geografisnya yang dikelilingi oleh pegunungan, Malang punya banyak objek wisata. Di dekat Malang juga banyak gunung-gunung yang asyik untuk kamu yang hobi mendaki.

Baca juga: 7 Tempat Wisata ala Luar Negeri di Malang, Keren Banget!

Dikutip dari akun Instagram @infowisatamlg, Kamis (17/9/2020), berikut 5 gunung yang dekat dengan Malang, bisa jadi destinasi buat para Okezoners.

1. Gunung Panderman

Gunung Panderman di Kota Batu memiliki ketinggian 2.045 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini cocok buat Anda yang ingin naik gunung one day trip alias pulang-pergi, karena letaknya tak terlalu jauh masuk ke pedalaman. Untuk liburan akhir pekan, oke juga nih.

2. Gunung Butak

Gunung Butak dengan tipe stratovolcano atau gunung berapi komposit cocok bagi pendaki pemula, karena rutenya tidak terlalu sulit. Tingginya hanya 2.868 mdpl.

ilustrasi

Anda pun tidak akan menyesal apabila mendaki ke Gunung Butak. Keindahan pemandangan yang di tawarkan pada jalur dan puncaknya bikin terpesona.

3. Gunug Welirang

Gunung Welirang setinggi 3.156 mdpl dan di puncaknya terdapat kawah yang mengandung belerang. Jadi, tetap hati-hati saat mendaki karena gas dari belerang dapat mengganggu sistem pernapasan.

Banyak orang juga yang mengais rezeki dengan menjadi penambang belerang tradisional. Para penambang biasanya melakukan pendakian melalui jalur tretes yang berada di pasuruan.

4. Gunung Semeru

Gunung Semeru tentu sudah terkenal. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini pernah menjadi tempat syuting film 5 Cm.

Tapi bila okezoners memang pendaki sejati, tak ada hal yang baru dari gunung ini. Sesering apapun anda ke sana akan selalu kangen dengan suasananya.

Puncak Mahameru berada di ketinggian 3.676 mdpl, tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Gunung Anjasmoro

Gunung Anjasmoro berada di Kota Batu, Kabupaten Mojokerto, dan Kabupaten Jombang. Puncak gunung ini adalah Cemoro Sewu yang berada di ketinggian 2.277 mdpl.

Selain Cemoro Sewu, Gunung Anjasmoro memiliki puncak-puncak lainnya yang berada di lereng yang masih lebih rendah dari Cemoro Sewu.

Seperti kebanyakan ragam puncak, akses untuk menuju ke puncak juga bisa melalui beberapa rute.

6. Gunung kelud

Gunung Kelud berada di antara Blitar, Kediri dan Malang. Pendakiannya bisa melalui dari Blitar atau Kediri. Rute blitar lebih sepi dan panjang. 

Tapi okezoners perlu catat, kedua jalur tersebut akan memanjakan mata kalian dengan keindahan pemandangan yang berbeda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini