Share

3 Cara Bikin Carport di Rumah, Pakai Kayu agar Terkesan Alami

Natasha Oktalia , Jurnalis · Rabu 16 September 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 470 2278698 3-cara-bikin-carport-di-rumah-pakai-kayu-agar-terkesan-alami-N1gptgmFFa.jpg Cara Membuat Carport di Rumah. (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Carport menjadi salah satu tempat untuk melindungi kendaraan atau benda lain yang berada di luar ruang rumah. Banyak pula yang memanfaatkannya sebagai garasi sementara untuk memarkir kendaraan.

Konstruksi carport sendiri jauh lebih murah dan sederhana dibandingkan garasi permanen. Hal ini membuat sebagian orang memilih untuk membangun carport.

Walaupun begitu, pemilihan material dan konsep carport bukan hal sepele. Harus dipertimbangkan dan dipilih sejak awal.

Baca Juga: Punya Banyak Manfaat, Menanam Jeruk Nipis di Rumah Jadi Pilihan

Seperti yang dilansir dari buku Ide Kreatif Renovasi Rumah karya Santi Hasan dan Anisah Utami, Jakarta, Rabu (16/9/2020). Berikut tips untuk renovasi sederhana pada carport.

Pertama, ciptakan kesan bersih dan minimalis.

Carport dengan struktur atap datar dan kolom beton menjadi salah satu pilihan untuk menghadirkan kesan minimalis. Jika tidak ingin diganggu dengan kehadiran dari tampilan pipa dari talang air, sembunyikan pipa tersebut dengan pemasangan di kolom penyangga atap.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Ruang Olahraga di Area Rumah

Kedua, modern dengan jalusi.

Jalusi dapat menciptakan kesan dinamis pada carport. Elemen tersebut dapat diaplikasikan pada atap carport sebagai bidang yang menghubungkan kolom-kolom penyangga atap.

Pemanfaatan jalusi tersebut dapat memungkinkan menciptakan carport yang terang oleh cahaya alami.Cahaya yang akan tetap masuk, namin intensitasnya dapat dikurangi dengan adanya jalusi.

Ketiga, alami dengan tanaman rambat.

Pilih konstruksi carport sekaligus yang berfungsi sebagai struktur pergola. Kayu atau baja dapat menjadi alternatif material.

Nilai dari estetis kayu akan lebih berkesan alami, sedangkan baja umumnya unggul dari kemudahan pemasangan. Padukan struktur kayu dengan kolom bata eskpos untuk menciptakan kesan rustic.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini