Share

4 Desain Dapur agar Terlihat Luas, Salah Satunya Jebol Dinding

Safira Fitri , Okezone · Sabtu 26 September 2020 06:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 470 2283639 4-desain-dapur-agar-terlihat-luas-salah-satunya-jebol-dinding-te5BPebRsO.jpg Dapur (Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Salah satu ruang yang paling sering direnovasi dibandingkan ruang lain di dalam rumah adalah dapur. Biasanya, renovasi yang dilakukan berkaitan dengan penambahan ruang atau tempat khusus untuk menyimpan peralatan dapur dan aneka piranti memasak.

Jika memiliki ruang dapur yang luas atau masih mungkin untuk diperluas, renovasi bisa dilakukan dengan memaksimalkan potensi ini. Tapi, bagaimana jika ruang yang dimiliki luasnya terbatas?

 Baca juga: Bosan Suasana Rumah Itu-Itu Saja, Ubah Tampilan dengan 3 Cara

Berikut ini beberapa trik desain yang dapat diaplikasikan di area dapur beserta tujuan renovasi yang sesuai seperti dilansir dari buku Ide Kreatif Renovasi Rumah oleh Santi Hasan, Anisah Utami, Jakarta, Sabtu (26/9/2020).

1. Memperluas dan menyatukan dapur dengan ruangan lain

Salah satu cara termudah untuk memperoleh kesan lapang adalah dengan menghilangkan dinding pembatas antara dapur dengan ruang lainnya. Dapur bisa saja dibuat menyatu dengan ruang makan dan ruang keluarga tanpa ada elemen pembeda ataupun sekat yang membatasi secara fisik.

 Baca juga: Pertimbangkan 6 Hal Ini saat Beli Perabot Rumah

2. Mengubah tampilan dapur

Bosan dengan tampilan dapur di rumah? Cobalah aplikasikan mozaik keramik, kaca, ataupun paduan keduanya pada bidang dinding antara kabinet atas dan bawah. Jika memungkinkan, manfaatkanlah material sisa bongkaran atau pekerjaan sebelumnya.

Material multipleks lapis melamin dapat digunakan untuk melapisi meja dapur dan bagian atas kabinet. Pemasangan pun cukup simple, hanya perlu dipaku pada permukaan yang akan ditutup.

3. Meningkatkan kualitas fisik ruangan

Kualitas fisik ruangan berkaitan dengan kualitas pencahayaan dan pengudaraan. Cahaya alami tentunya merupakan pilihan yang paling baik untuk ruangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Namun, jika lahan tidak memungkinkan untuk mendapatkan cahaya secara alami, pengaturan pencahayaan buatan harus dilakukan untuk menunjang kegiatan dapur. Aplikasikan downlight untuk menerangi meja kerja.

Indirect lamp dapat digunakan untuk menciptakan kesan dramatis pada interior. Hindari warna-warna gelap dan pilih furnitur berdesain simpel untuk mengesankan dapur yang luas, terang, dan lapang.

4. Mengganti atau menambah kabinet dan rak dapur

 

Salah satu kunci dapur nyaman, rapi, dan mudah dibersihkan adalah memaksimalkan tempat penyimpanan. Maksimalkan fungsi kabinet dengan membuat sebanyak mungkin tempat penyimpanan sehingga peralatan memasak tidak berserakan di meja dapur.

Perabot yang multifungsi juga dapat menjadi jalan keluar, misalnya dengan membuat kitchen island yang bisa berfungsi sebagai meja makan dan tempat belajar anak.

Jika memiliki ukurang ruang dapur yang mungil, buat saja kitche island atau kitchen set dengan extendable table yang dapat dilipat atau dipanjangkan dengan sistem sliding seperti laci.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini