Share
Advertisement

Waspada Peretasan Akun WhatsApp, Pelaku Gondol Rp3,5 Juta

Ahmad Luthfi , Jurnalis-Sabtu 26 September 2020 11:41 WIB
Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Freepik)
Ilustrasi WhatsApp. (Foto: Freepik)
A
A
A

JAKARTA – Aksi peretasan akun WhatsApp kembali muncul dengan modus penipuan meminjam uang. Pelaku kejahatan cyber ini mencoba untuk mengakses akun WhatsApp milik pengguna, dan menjalankan trik agar mendapatkan kode One-Time Password (OTP) yang dikirimkan WhatsApp via SMS.

Kepada Okezone, korban bernama Lina (31) mengungkap bahwa akun WhatsApp-nya telah diambil alih oleh orang lain pada Jumat (25/9/2020). Lina menceritakan bahwa dirinya mendapatkan pesan SMS dengan bahasa Thailand dengan sebuah kode 6 digit.

Baca juga: 5 Cara Ketahui WhatsApp Anda Diblokir Seseorang 

Ternyata pesan itu merupakan kode OTP dari pihak WhatsApp. Bersamaan dengan itu, ada orang asing yang mengaku pegawai kasir salah satu minimarket di Indonesia mengirimkan pesan di WhatsApp.

Pegawai kasir itu mengatakan bahwa ia salah mengirimkan kode voucher game online ke nomor ponsel Lina, dan memohon untuk mengirimkan kembali kode tersebut. Orang yang mengaku pegawai kasir itu juga mengetahui bahwa kode itu berbahasa Thailand.

Tidak menyangka bahwa kode yang akhirnya dikirimkan tersebut merupakan kode OTP WhatsApp.

"Pada saat dapat SMS dan WA yang bersamaan itu, aku tidak ada dugaan akan di-hack. Aku enggak kepikiran kalau itu tanda-tanda di-hack," ujar Lina.

Baca juga: Beredar Pesan Cara Cek Penyadapan HP, Ini Faktanya 

Dirinya kemudian sempat mendapatkan pesan yang berbunyi, "Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon ini". Lalu ada pilihan Verifikasi atau Oke.

Ketika klik verifikasi, berharap akan muncul kode 6 digit SMS dari WhatsApp, namun tidak kunjung muncul hingga layar menampilkan halaman verifikasi "Kirim ulang SMS". Setelah mendapatkan kode OTP SMS dari WhatsApp dan melakukan input angka pada layar, Lina mengaku gagal untuk masuk ke akun WhatsApp.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement