Share

3 Ragam Jenis Rak yang Bisa Mempercantik Dekorasi Rumah

Natasha Oktalia , Jurnalis · Sabtu 26 September 2020 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 470 2284087 3-ragam-jenis-rak-yang-bisa-mempercantik-dekorasi-rumah-MiC9ute3D1.jpg dekorasi ruangan (Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Rak biasanya dipergunakan sebagai tempat menyimpan atau meletakkan aksesoris dalam rumah. Sering kali rak dipergunakan untuk menyimpan buku.

Namun seiring dengan berkembangnya waktu, bentuk dari rak sudah mulai beragam dan unik. Banyak ragam dan bentuk rak dengan bentuk geomertis yang berkesan kaku mulai bermunculan.

 Baca juga: 4 Desain Dapur agar Terlihat Luas, Salah Satunya Jebol Dinding

Bentuk dari rak sendiri juga dapat dipengaruhi oleh penempatannya. Jika rak diletakan di bawah tangga atau loteng rumah otomatis harus disesuaikan dengan area yang tersedia.

Melansir dari buku 'Seri Rumah Ide: 80+ Rak Penyimpanan' karya Imelda Akmal Architectural Writer Studio, Jakarta, Sabtu (26/9/2020). Berikut beberapa tipe dari jenis rak dalam hunian.

1. Adjustable shelf

Salah satu jenis masalah yang ditemui adalah mengenai batas tinggi ambalan rak yang terlalu tinggi. Rak yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan harusnya mudah dijangkau oleh pengguna saat ingin mengambil barang didalamnya.

 Baca juga: 5 Material Bertekstur Ini Bikin Suasana Rumah Jadi Lebih Hidup

Pilihan rak ini sering dipakai untuk anak-anak yang sedang mengalami fase pertumbuhan, karena ketinggal anak akan selalu sejalan dengan pertumbuhan usianya.

2. Rak tanam

Ruang sisa yang tidak terpakai pada sudut rumah bisa digunakan sebagai rak tanam atau built-in. Pembuatan rak ini cukup sederhana, panjang dan lebar ambalan rak dapat disesuaikan dengan ukuran ruang sisa yang tersedia.

 Baca juga: 3 Macam Cahaya Buatan di Rumah

3. Rak siap pakai

Rak jenis ini banyak ditemukan oleh sejumlah toko furnitur. Aneka ragam, warna dan bentuk menjadi pilihan dari rak yang ditawarkan. Penggunaan rak ini lebih memudahkan penggunanya dibandingkan jika pengguna harus merancang sendiri rak yang diinginkan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini