Share

4 Cara Membuat Kamar Mandi Rapi dan Cantik, Berilah Unsur Alami

Safira Fitri , Okezone · Sabtu 26 September 2020 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 470 2284145 4-cara-membuat-kamar-mandi-rapi-dan-cantik-berilah-unsur-alami-l7vvaBDvEj.jpg Kamar Mandi (Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Pada umumnya, kamar mandi biasanya memerlukan renovasi. Hal ini jika saatnya sudah harus mengganti sanitair, mengecat dinding yang mengelupas, atau pun mengganti keramik.

Hal-hal tersebut juga sekaligus dapat dimanfaatkan untuk mengganti tema kamar mandi melalui pemilihan material dan sanitair. Nah oleh sebab itu, perlu beberapa ide kreatif yang dapat diaplikasikan untuk kamar mandi.

Seperti dilansir dalam buku Ide Kreatif Renovasi Rumah oleh Santi Hasan, Anisah Utami, Jakarta, Sabtu (26/9/2020), berikut beberapa ide kreatif yang membuat kamar mandi terlihat rapi:

 Baca juga: 4 Desain Dapur agar Terlihat Luas, Salah Satunya Jebol Dinding

1. Menambah rak handuk dan perlengkapan

Tidak perlu meletakkan jemuran handuk di dalam kamar mandi, cobalah menambahkan tempat handuk pada bagian yang bisa lebih dimanfaatkan, seperti di area wastafel.

Tempat handuk yang bisa dimanfaatkan untuk meletakkan pakaian ganti dapat berupa palang kayu atau besi yang diletakkan di sepanjang sisi wastafel.

 Baca juga; 5 Material Bertekstur Ini Bikin Suasana Rumah Jadi Lebih Hidup

Ruang sisa di kamar mandi, seperti pada bagian bawah wastafel yang biasanya tidak terpakai, dapat dimanfaatkan sebagai lemari untuk menyimpan barang-barang seperti perlengkapan pembersih kamar mandi, agar terlihat rapi gunakan penutup lemari.

2. Melapisi sanitair dengan material lain

Bosan dengan penampilan sanitair yang itu-itu saja tetapi tidak ingin menggantinya karena masih dapat dipergunakan? Cobalah melapisi sanitair dengan material lain seperti kayu dan keramik.

3. Unsur alami di dalam kamar mandi

 

Aktivitas mandi tentu membutuhkan suasana tenang dan menyegarkan. Suasana segar seperti mandi di alam terbuka dapat diperoleh dengan menjebol salah satu dinding, sehingga kamar mandi menjadi semi-terbuka.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Cara praktis lainnya adalah dengan memasukkan pot-pot tanaman. Selain memperindah kamar mandi, tanaman tersebut sekaligus berfungsi untuk menjaga kelembapan kamar mandi.

4. Mengganti keramik kamar mandi

Keramik kamar mandi yang berubah warna dan berkerak sering kali tak bisa lagi dibersihkan dan harus diganti baru. Hal ini dapat sekaligus dimanfaatkan untuk mengubah stle atau suasana kamar mandi.

Pilihan warna dan motif keramik dapat dimanfaatkan untuk membangun tema ruang yang diinginkan. Misalnya, keramik berupa mozaik kecil yang berwarna-warni cocok untuk tema retro, kayu cocok untuk tema etnik, dan keramik polos untuk tema minimalis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini