Share

Jangan Cepat Tergiur Liat Diskon 40%, Bisa Saja Rugi

Giri Hartomo , Okezone · Sabtu 26 September 2020 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 622 2284100 jangan-cepat-tergiur-liat-diskon-40-bisa-saja-rugi-zSYUVKGomr.jpg Online Shop (Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Promo diskon biasanya sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat khususnya kaum hawa. Karena dengan adanya promo seperti diskon, bisa membeli barang dengan harga yang miring.

Namun ternyata tidak semua barang yang dibeli lewat diskon baik buat kantong. Bahkan, barang dengan harga murah sekalipun bisa membuat kantong atau isi dompet rugi jika membelinya.

 Baca juga: Mahasiswa tapi Mau Merdeka Secara Finansial? Berikut Caranya

Perencana Keuangan Safir Senduk mengatakan, rugi atau tidaknya barang tergantung sejauh mana kebutuhan dari barang tersebut. Jika memang sangat dibutuhkan, dengan membeli barang diskon bisa sangat menguntungkan.

Namun sebaliknya, jika barang yang dibeli tidak terlalu dibutuhkan sangat rugi besar. Karena uang yang dikeluarkan digunakan untuk barang yang belum tentu terpakai.

 Baca juga: 5 Cara Cerdas Liburan Hemat Tanpa Bikin Kantong Bolong

Sebagai ilustrasi, jika ada barang yang dijual di toko dengan harga Rp1 juta. Lalu ternyata barang tersebut menawarkan promo diskon 40%, yang artinya harganya kini hanya Rp600.000 saja.

Banyak yang mengira siapapun yang bisa membeli barang tersebut akan untung besar. Karena diskon yang diberikan juga cukup besar atau hampir setengah harga.

"Tapi banyak orang yang enggak butuh tapi beli karena lagi diskon. Saya selalu bilang gini, harga barang 1 juta, diskon 40% artinya Rp400.000, jadi Rp600.000. Sekarang pertanyaannya kalau orang beli barang itu Rp600.000, berarti dia untung 40% dong?," ujarnya saat dihubungi Okezone, Sabtu (26/9/2020).

 Baca juga: Suka Nongkrong dan Belanja? Lakukan 5 Hal Ini agar Tetap Hemat

Menurut Safir,jika barang yang dibeli tersebut penting maka untung 40%. Namun sebaliknya, jika barang tersebut hanya sebatas keinginan semata, maka sudah rugi Rp600.000.

"Jawaban saya gini, kalau dia butuh dia untung 40%, kalau dia enggak butuh, dia sudah rugi Rp600.000," kata Safir.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini