Share

5 Tempat Wisata Mirip Api Abadi Mrapen di Indonesia

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 408 2288139 5-tempat-wisata-mirip-api-abadi-mrapen-di-indonesia-ZB1TQUi5zh.jpg Wisata api abadi di Jawa Timur. (Foto: Okezone/Avirista)

INDONESIA memiliki keunikan alam api abadi yang menjadi objek wisata. Tak hanya Api Abadi Mrapen di Grobogan, Jawa Tengah, ada pula sederet wisata api abadi lainnya.

Api abadi bahkan memiliki sederet mitos juga legenda di dalamnya. Misalnya saja Api Abadi Mrapen bisa terbentuk karena legenda Sunan Kalijaga.

Bila ingin tahu lebih lanjut, inilah sederet objek wisata api abadi di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda juga pernah mengunjunginya? Simak yuk ulasannya berikut ini, ditulis Okezone, Minggu (4/10/2020).

Api Abadi Mrapen

api abadi

Di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah terdapat legenda Sunan Kalijaga yang berhubungan dengan api abadi. Dalam legenda itu dikisahkan Sunan Kalijaga dan para pengikutnya beristirahat sejenak dan bermalam di sebuah tempat yang disebut Mrapen.

Baca Juga: Objek Wisata Api Abadi Mrapen Padam Sepekan Terakhir

Di malam hari mereka ternyata kedinginan sehingga Sunan Kalijaga meletakkan tongkatnya ke tanah dan kemudian menariknya keluar untuk menyalakan api yang menghangatkan. Api abadi di Mrapen itu hingg sekarang belum pernah dipadamkan bahkan di tengah hujan angin.

Sayang sepekan terakhir, Api Abadi Mrapen dikabarkan padam. Akibat pandemi Covid-19, objek wisata ini tutup.

Kades Manggarmas Achmad Mufid menegaskan, Api Abadi Mrapen tidak seketika padam. Namun berlangsung bertahap, awalnya api terlihat meredup baru setelah itu, api padam.

“Peristiwa ini sudah kita laporkan pada instansi terkait. Dinas terkait sudah meninjau ke lokasi. Mengenai tindak lanjutnya belum tahu,” terangnya.

Api Abadi Kayangan Api

api abadi

Api Abadi Kayangan Api berada di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Api ini menjadi salah satu dari api abadi yang tak pernah padam meskipun hujan menerjang. Pemandangannya tampak sangat indah ketika malam hari.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Amir Sahid mengatakan, Api Abadi Kayangan Api ini menjadi wisata geologi yang ditonjolkan Kabupaten Bojonegoro dan dimasukkan ke kategori geopark sekaligus geoherritage.

"Dalam geopark ini harus masuk dalam tiga unsur yakni pertama wisata geologi heritage atau geoherritage, kedua keanekaragaman makhluk hidupnya mulai dari manusianya, tumbuhan, hingga satwanya. Kebetulan di sekitarnya masih hutan yang terjaga," ungkap Amir Sahid, beberapa waktu lalu.

 api abadi

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Api Tak Kunjung Padam, Madura

Menurut legenda, tongkat sakti Ki Moko berhasil menciptakan api abadi di Pamekasan, Madura. Uniknya, meskipun saat hujan api di sana redup, namun ketika hujan reda api otomatis menyala lagi.

Api Abadi Bekucuk

 

Satu lagi wisata api abadi di Jawa Timur. Api Abadi Bekucuk yang terletak di Dusun Bekucuk, Tempuran, Mojokerto ditemukan pada 1993 dan pernah difungsikan saat masa kerajaan Majapahit. Pemandangan api abadi di sini juga lebih cantik di malam hari.

Api Abadi Kawah Ijen

ijen

Banyak wisatawan yang datang ke Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur untuk menyaksikan peristiwa tak biasa yaitu nyala api abadi. Uniknya api di sana berwarna biru, sehingga menambah keindahan pemandangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini