Share

Hari TNI 5 Oktober, Jelajahi Monkasel Surabaya

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 408 2288345 hari-tni-5-oktober-jelajahi-monkasel-surabaya-Rt8Qnybyqy.jpeg Monkasel. (Foto: Okezone)

HARI TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang jatuh pada 5 Oktober membawa Anda untuk menjalahi wisata sejarah di Indonesia. Salah satunya yakni mengenal Monumen Kapal Selam (Monkasel) di Surabaya.

Monkasel KRI Pasopati ini milik TNI AL. Kapal ini jadi objek wisata di tengah Taman Swarga Puspitaloka. Tepatnya di Bantaran Kalimas, Jalan Pemuda, Surabaya.

Kapal dengan nomor lambung 410 ini sengaja diparkir sebagai monumen bersejarah. Pembangunan Monkasel dilakukan sejak 1995 dan jadi objek wisata pada 1998.

Monkasel bahkan jadi tempat wisata andalan, selain Kebun Binatang Surabaya. Saat berkunjung, Anda bisa merasakan berada di dalam kapal selam yang unik.

 Kapal selam

Agar wisatawan tertarik, terdapat pula hiburan video Rama, live music dan wisata Kalimas. Di samping itu juga dilengkapi dengan tempat makan dan toko souvenir

Alasan kenapa kapal selam ini parkir di taman tersebut untuk menambah obyek wisata yang bernuansa bahari di Surabaya. Tak hanya itu,

Dijelaskan di situs resmi Monkasel, kapal peninggalan TNI AL ini mencerminkan nilai sejarah kebesaran bangsa Indonesia sebagai Negara Maritim. Kemudian sebagai penghormatan kepada pejuang laut dan sekaligus sebagi bukti sejarah pengabdian korp Hiu Kencana kepada bangsa dan negara.

"KRI Pasopati 410 telah mengambil peran besar untuk mempertahankan hukum kelautan, seperti Operasi Trikora, KRI Pasopati 410 turun ke belakang garis musuh, memberi penindasan secara psikologis," tulis keterangan di situs resminya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Saat mengunjungi Monkasel, Anda juga diajak untuk mengingat jasa-jasa dari kapal yang dibuat di Vladi Wostok-Rusia pada 1952. Bersama Jajaran TNI-AL dari Satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur (Satselarmatim) terhitung mulai 29 Januari 1962 telah memiliki tugas pokok menghancurkan garis lintas musuh (Anti Shipping), mengadakan pengintaian dan melakukan silent raids.

Mengunjungi Monkasel sangat cocok bila Anda mengajak anak-anak. Di sana Anda bisa memberikan pemahaman peran TNI serta mengajak si kecil mencintai wisata bahari.

Ditambah lagi objek wisata ini merupakan ruang terbuka hijau dengan pepohonan rindang, jogging track, hingga rekreasi air. Si kecil pasti akan betah dan ketagihan datang ke Monkasel.

Jika penasaran, Monkasel buka Selasa-Jumat pukul 09.00-17.00 WIB. Sabtu-Minggu pukul 09.00-19.00 WIB. Senin tutup. Tiket masuknya dijual Rp15 ribu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini