Share

Nikmatnya Sate Bandeng, Makanan Sultan Khas Banten

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Senin 05 Oktober 2020 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 05 301 2288480 nikmatnya-sate-bandeng-makanan-sultan-khas-banten-AZMN59Zp1Z.jpg Sate Bandeng. (Foto: YouTube iNews Magazine)

MENGUNJUNGI Serang, jangan lupa untuk mencoba sate bandeng. Saat makan sate bandeng, Anda ikut merasakan nikmatnya makanan favorit sultan.

Karena sate bandeng sejak dulu menjadi kuliner khas Kesultanan Banten. Ikan yang berasal dari air asin ini diolah dengan menghilangkan durinya kemudian dijadikan sate.

Cara membuatnya pun praktis yang dapat dicoba sendiri di rumah dan menjadi makanan favorit untuk keluarga. Dilansir Okezone dari channel Youtube iNews Magazine, teknik memasak sate bandeng sudah ada sejak abad ke-16.

Dahulu bumbu yang digunakan hanya bawang merah, bawang putih, gula merah, dan santan. Seiring berkembangnya zaman, maka masyarakat Banten mulai menambah bumbu lain agar tercipta rasa nikmat dan berbeda dari yang lain.

Baca Juga: Liburan ke Flores, Jangan Lupa Cicipi 6 Kuliner Tradisional Ini

sate bandeng

Untuk membuat olahan yang satu ini, membutuhkan bumbu yang sama dan hanya menambahkan gula, garam, ketumbar, cabai, serta jahe, kemudian haluskan. Lalu buang bagian perut dan duri yang ada dalam ikan bandeng kemudian pisahkan daging dan kulitnya.

Caranya, tarik kulit ikan dengan pelan sampai mendekati ekor lalu tarik dagingnya hingga keluar. Setelah dagingnya keluar, pisahkan 164 duri yang masih menempel pada permukaannya hingga bersih.

Giling daging hingga halus kemudian letakkan ke dalam wadah, campurkan dengan bumbu halusnya, tambahkan gula dan garam lalu aduk hingga rata. Setelahnya, tambahkan santan lalu aduk lagi hingga merata.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jika adonannya masih terasa kental, tambahkan santan dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam kulit ikan bandeng sebanyak empat sendok makan, kemudian jepit ikan pada bambu dan tutup dengan pelepah pisang kemudian bakar hingga matang.

Setelahnya, ikan bandeng yang masih terjepit bambu ditusuk dengan lidi untuk menyangga adonan yang akan ditimpakan dan juga sebagai penghantar panas. Setelah selesai, bakar di atas bara api hingga matang. Ikan bandeng yang tersedia memiliki dua rasa yakni original dan pedas, harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari Rp37 ribu untuk ukuran 400 gram.

Rasa dari sate ikan bandeng pun sangat lezat baik itu original maupun pedas serta memiliki tekstur yang lembut. Anda dapat membelinya di pusat oleh-oleh sekitar Kota Serang, Banten dengan harga yang pas dikantong. Selain menikmati lezatnya sate khas Banten ini, Anda juga bisa mencoba otak-otak bandengnya, lho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini