Share

Nasi Kapau Khas Sumatra Barat, Gurihnya Bikin Nagih

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 301 2292655 nasi-kapau-khas-sumatra-barat-gurihnya-bikin-nagih-AxFwS1xf9Y.JPG Nasi Kapau kuliner khas Sumatra Barat (Foto: Instagram/@nasikapaulangganan)

SUMATRA Barat memiliki beragam sajian khas yang mampu menggugah selera pecinta kuliner. Selain Nasi Padang, salah satu kuliner yang banyak digemari oleh masyarakat adalah nasi kapau. Sajian khas Sumatra Barat ini memiliki beragam lauk pauk yang berbahan dasar gulai.

Nasi kapau adalah nasi ramas yang berasal dari daerah Nagari Kapau, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Ia terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk, persis seperti sajian warung makan lainnya.

Yang membedakan adalah beragam jenis lauk pauknya seperti gulai yang memiliki rasa gurih dan lezat.

Gulai tidak selalu identik dengan makanan yang berkuah, namun berbagai macam makanan baik lauk pauk ataupun sayuran sebagai pendamping nasi.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Negeri di Atas Awan di Indonesia

Memasak gulainya pun dengan api kecil dan membutuhkan waktu lama sehingga bumbu yang dihasilkannya pun lebih meresap, memberikan cita rasa gurih nan lezat.

Berbagai jenis lauk pauk tersedia di warung makan Nasi Kapau seperti gulai sayur nangka, gulai ikan, gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi), gulai cangcang (tulang dan daging kerbau).

Kemudian gulai kikil, sayur mayur, gulai tambunsu (campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke dalam usus sapi), dan lainnya. Harga yang dipatok pun terjangkau mulai dari Rp20 ribu hingga Rp30 ribuan saja. Soal rasa tak perlu diragukan lagi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Menu favorit di sini gulai tambunsu yaitu campuran dari tahu dan telur ayam yang dimasukkan ke dalam usus sapi, gulai sayur nangka,” ujar Eva, pemilik warung makan nasi kapau dikutip dari channel YouTube Official iNews, Selasa (13/10/2020).

Selain itu, para penjual nasi kapau biasanya berada di tempat paling tinggi sehingga akan lebih mudah menjangkau aneka lauk pauknya menggunakan sendok bergagang panjang.

Di Jakarta, pengunjung dapat menemukan para penjual nasi kapau di sepanjang Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat. Selama berkunjung, jangan lupa untuk selalu menjaga protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini