Share

Cocok Dikunjungi Bareng Keluarga, Ini 5 Tempat Wisata Alam di Jakarta Timur

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 408 2292755 cocok-dikunjungi-bareng-keluarga-ini-5-tempat-wisata-alam-di-jakarta-timur-cXyTRmeghg.jpg Taman Wisata Lebah, Cibubur, Jakarta Timur (Youtube Tuku Omah)

JAKARTA tidak melulu soal bangunan tinggi dan gaya hidup metropolitan. Tapi, Ibu Kota juga memiliki banyak objek wisata alam yang sejuk sekaligus edukasi. Tempat ini cocok untuk lokasi membuang jenuh setelah padatnya aktivitas atau sumpeknya jalanan Jakarta.

Jakarta Timur salah satu wilayah administrasi DKI Jakarta yang banyak memiliki objek wisata alam, cocok untuk lokasi liburan keluarga saat akhir pekan atau hari libur.

Baca juga: Wisata Bukit Kekinian, Tersebar di Seluruh Indonesia

Dilansir dari akun Instagram Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Timur @parekraf_jaktim, Selasa (13/10/2020), berikut 5 objek wisata alam di Jakarta Timur :

Taman Burung TMII

Taman ini terletak di bagian belakang atau timur dari kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pinang Ranti, Jakarta Timur. Taman yang memiliki 9 kubah dan diresmikan pada tanggal 27 April 1986 oleh Presiden Soeharto. Beragam jenis burung yang langka dan dilindungi juga terdapat di lokasi seluas 6 hektare ini.

ilustrasi

Taman burung ini telah berhasil mengembangbiakkan lebih dari 100 jenis burung, diantaranya sekitar 30 jenis burung yang dilindungi dan langka.

Koleksi burung yang ada di taman burung merupakan yang terlengkap di Indonesia, terdiri atas 175 jenis dengan jumlah mencapai ribuan ekor, baik yang berasal dari Indonesia bagian barat maupun Indonesia bagian timur.

Taman Agrowisata Cilangkap

Taman Agrowisata ini terletak di Jalan Raya Cilangkap No. 45, Jakarta Timur. Taman seluas 25 hektare ini dikelola oleh dinas pertanian dan kehutanan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Taman Agrowisata Cilangkap memiliki beberapa fasilitas seperti arena olahraga, jogging track, arena bermain anak, serta bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, di sekitar area taman memiliki danau yang biasanya dijadikan area untuk memancing.

Baca juga: Bukit Tangkeban, Wisata Instagramable di Kaki Gunung Slamet Bikin Pengunjung 'Baper'

Taman Agrowisata Cilangkap memiliki fungsi sebagai tempat budidaya tanaman dan hidroponik center di Kawasan Cilangkap. Di sini, pengunjung bisa melihat aneka jenis tanaman mulai dari aneka jenis pohon rambutan dan juga tanaman anggrek yang tumbuh subur dan dibudidaya.

Agrowisata Cibugary

Cibugary adalah kepanjangan dari Cibubur Garden Diary yang merupakan suatu kawasan agro peternakan sapi perah bernuansa kebun/taman dan didukung fasilitas kelas edukasi classical dengan pemandangan lepas bumi perkemahan cibubur. Berlokasi di Jalan Peternakan Raya, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur.

Dalam kawasan cibugary, terdapat beberapa spot seperti peternakan sapi, peternakan kambing, mini playground, saung dan taman pertemuan. Beragam aktivitas bisa dilakukan di kawasan agrowisata ini, diantaranya memerah susu sapi langsung, memandikan sapi, lalu memberikan makan sapi atau kambing.

Wisata ini sangat efektif untuk kegiatan kunjungan edukatif bagi sekolah-sekolah baik dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa dan masyarakat umum serta dapat juga untuk rekreasi keluarga, karena dalam program yang ditawarkan memberikan wawasan edukasi mulai dari pengenalan dunia peternakan sapi, manfaat susu, proses pasca panen susu, proses memerah sapi dan dunia enterpreneurship khususnya budi daya ternak sapi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Taman Wisata Lebah

Di Kompleks Wiladatika Cibubur terdapat Taman Wisata Lebah yang menawarkan “Bee Tourism” kepada mereka yang ingin mengetahui lebih dalam tentang kehidupan lebah dan manfaatnya. Suasana Taman Wisata Lebah Cibubur ini sangat asri, rindang dan sesekali kita masih bisa mendengar suara kicauan burung dari rimbunnya pepohonan.

Di area seluas 2 hektare ini kita bisa belajar tentang jenis-jenis lebah (lebah penghasil madu, lebah hutan, lebah rumahan), bagaimana lebah memproduksi madu, peran lebah dalam keseimbangan alam dan masih banyak lagi yang dapat kita pelajari.ilustrasi

Selain wahana pembelajaran kehidupan lebah, tempat ini juga menyediakan tempat pengobatan alternatif sengat lebah atau dikenal dengan Apitheraphy.

Taman Waduk Ria Rio

Pengelolaan Waduk Ria Rio merupakan kelanjutan dari program penataan lahan waduk Ria Rio yang bertujuan untuk mengembalikan dan mengoptimalkan fungsinya sebagai daerah tangkapan air dan sebagai paru-paru kota, karena Taman Kota Waduk Ria Rio ditanami pohon-pohon untuk reboisasi.

Taman yang terletak di Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur ini masih terlihat asri dan terawat.Beragam jenis tumbuhan mulai dari beragam jenis pakis, pulai, hingga tanaman buah seperti mangga dan pepaya ada di Taman Ria Rio.Tanaman langka seperti pohon baobab juga ada disini

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini