Share

Rumah Adat Limas, Destinasi Budaya Ikonik Khas Palembang

Chotimah, Jurnalis · Rabu 14 Oktober 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 14 408 2293288 rumah-adat-limas-destinasi-budaya-ikonik-khas-palembang-xbkbMoOrqC.JPG Rumah limas khas Palembang (Foto: Budaya Indonesia)

WISATA Palembang di Sumatra Selatan beragam bentuknya. Selain Jembatan Ampera dan Benteng Kuntongsa ada pula ikon wisata khas kota pempek yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu rumah limas.

Rumah limas merupakan dimana menjadi salah satu rumah adat tradisional yang bisa Anda temukan di sana.

Rumah adat di Jalan Demang Lebar Daun ini berusia 25 tahun dan merupakan milik salah satu tokoh di Sumatra Selatan yang menjadikannya sebagai cagar budaya. Seluruh bangunanya dibuat dari kayu unglen dan tembesu sementara atapnya dibuat seperti berbentuk limas.

Baca juga: Traveling ke Pemalang, Jangan Lupa Kunjungi Curug Sibedil

Rumah ini berbentuk seperti panggung karena sebagian dari daerah Palembang rawa-rawa dan sungai, agar menghindari air masuk ke dalam rumah.

Pakaian Adat Palembang

(Foto: Instagram/@rumahlimaspalembang)

Bangunan rumah limas ini dibangun bertingkat selain itu di rumah limas ini pengunjung dapat menggunakan pakaian adat khas Palembang untuk foto layaknya bujang dan gadis Palembang yang berada di lantai dua rumah limas.

"Kita juga menyediakan namanya foto khas Palembang. Jadi, kalau berkunjung ke Palembang ada kenang-kenangan yang bisa dibawa pulang ke daerahnya masing-masing yaitu kita bisa berfoto menggunakan pakaian khas adat Palembang," ucap pengelola rumah limas, Sri Handayani seperti dikutip dari channel YouTube iNews.

Biaya masuk hanya dibanderol Rp10.000. Sedangkan untuk menyewa pakaian adat dalam sekali foto, pengunjung harus membayar Rp150.000 dan tambahan biaya Rp20.000 untuk memperbanyak frame foto.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Bagi pengunjung yang berwisata ke rumah limas Anda dapat belajar tentang adat dan sejarah Kota Palembang.

"Rasanya senang sekali bisa tahu baju adat Palembang dari kalung, kuku dan aksesoris lainnya. Dan juga kita bisa mengetahui adat Palembang di rumah limas, " kata salah seorang pengunjung, Nabilah.

Jika Anda berkunjung ke Palembang, tak salahnya mampir ke rumah limas ini yang merupakan destinasi wisata ikonik di sana. Rasakan sensasi berswafoto dengan pakaian adat Palembang sekaligus mempelajari budaya lokal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini