Share

Bukan dari Pisang, Salai Khas Pemalang Ini Berbahan Ikan Bandeng

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 12:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 301 2293873 bukan-dari-pisang-salai-khas-pemalang-ini-berbahan-ikan-bandeng-tkQdoximbp.JPG Salai Bandeng khas Pemalang, Jateng (Foto: Puskapik)

PEMALANG adalah kota yang berada di jalur utara Jawa Tengah. Kota yang masyarakatnya menggunakan dialek Tegal ini mempunyai olahan unik berbahan dasar ikan bandeng yang didapat dari daerah setempat. Budi daya tambak bandeng cukup populer sebagai mata pencaharian warga lokal.

Saat musim panen, sering kali membuat harga bandeng petani tambak di Pemalang anjlok. Agar tidak makin merugi mereka berkreasi mengolahnya menjadi aneka makanan yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi.

Salai bandeng merupakan salah satu kreasi warga di Desa Blendung, Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah ini yang berada di bawah Badan Usaha Milik Desa bersama (BUMDesma) Rukun Makmur.

Salai bandeng diolah di rumah produksi oleh para pekerja yang umumnya wanita paruh baya. Selain menambah nilai ekonomi dari panen bandeng, usaha olahan kreasi ini juga merangkul ibu-ibu sekitar dengan turut mempekerjakannya.

Baca juga: Hidupkan Pariwisata, Wishnutama Luncurkan We Love Bali

Salai adalah makanan yang diolah dengan proses pengasapan atau dipanggang hingga kering. Kita familiar dengan salai pisang, namun olahan inovasi salai bandeng ini sangat unik dan menarik untuk dicoba.

Membuat olahan ini cukup mudah, hanya membutuhkan waktu satu hari. Ikan bandeng yang diambil dari tambak saat panen di daerah, disortir lalu dibelah melebar kemudian dicuci. Setelah itu bandeng dibumbui dan dijemur.

Usai dijemur bandeng kemudian dipanggang dengan suhu 350 derajat selama kurang lebih 30 menit. Bandeng yang sudah matang kemudian didinginkan lalu dikemas dengan sistem vakum agar lebih awet.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Salai bandeng menjadi menu baru dan sangat digemari oleh warga sekitar. Kuliner khas ini juga dikirim ke luar kota seperti Jawa Timur, Yogyakarta, Jakarta, Bandung dan Medan. Bahkan, dalam beberapa waktu mendatang bakal segera diekspor luar negeri.

"Enak sekali bisa tinggal makan. Gurih terus yang istimewa rasanya masih seger. Ini recomended banget untuk para pencinta ikan," ujar seorang penikmat salai bandeng, Rini dikutip dari channel YouTube Official iNews SMG, Kamis (15/10/2020).

Inovasi olahan ikan bandeng ini sangat praktis dan cocok untuk semua kalangan. Rasa gurih yang mendominasi cocok digunakan sebagai lauk pelengkap nasi. Bagi Anda yang suka pedas, boleh menambahkan sambal untuk cocolannya.

Jika singgah di Pemalang, Anda wajib membeli salai bandeng sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah. Salai bandeng bisa diperoleh di Temogulun, Blendung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Cara pengolahannya yang dikeringkan membuat makanan khas Pemalang ini tidak cepat basi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini