Share

Kreatif, Warga Blora "Sulap" Lorong Jadi Tempat Wisata Edukatif

Chotimah, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 408 2293868 kreatif-warga-blora-sulap-lorong-jadi-tempat-wisata-edukatif-xq812XGeRS.JPG Wisata edukatif di Desa Jetis, Blora, Jateng (Foto: Info Publik)

MASA pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat warga di Kabupaten Blora, Jawa Tengah untuk berinovasi.

Ya, mereka menyulap sebuah lorong menjadi tempat wisata edukatif. Upaya warga pun berbuah manis dengan banyaknya pengunjung yang datang.

Berawal dari melihat sebuah lorong kumuh di Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora, Lurah setempat, Aris Widodo berinisiatif mengajak warganya untuk mengubah lorong di tengah kota itu menjadi sebuah wisata edukatif. Wisata asri dan unik ini lantas diberi nama Tilik Jetis.

Kreasi ini kemudian memancing warga Jetis untuk turut serta menghiasi lahan-lahan di rumah dengan tanaman hias dan sayuran hidroponik serta budi daya ikan dalam ember.

Baca juga: Indahnya Pantai Ngledakan Ciut, Tersembunyi di Balik Hutan Malang

Selain itu, untuk menambah warna warni pada lorong tersebut warga pun melukis aneka ragam gambar yang menjadi salah satu ikon untuk berswafoto.

"Awalnya dulu karena adanya pandemi Covid-19 tempat ini kumuh, warga biar dapat kegiatan dan kami mempunyai ide menciptakan lorong ini untuk ditanami sayuran kemudian kami munculkan juga budi daya ikan dalam ember," ucap Aris, menukil dari channel YouTube iNews, Kamis (15/10/2020).

Di tengah pandemi Covid-19, warga sekitar lorong tersebut bisa mendapat penghasilan tambahan dari memasarkan hasil produk UMKM Kelurahan Jetis berupa makanan ringan dan kerajinan kepada para pengunjung yang datang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Tempat ini sangat kreatif dan dengan wisata seperti ini sangat nyaman dan enak dipandang. Jadinya yang lain bisa mengikuti dengan kreativitas ini. Dengan harapan semoga penanaman tumbuhan di sini akan terus berlanjut dan tidak berhenti sampai di sini saja," kata seorang pengunjung, Sri Lestari.

Inovasi warga Jetis inipun menuai prestasi dengan menjuarai lomba lingkungan kelurahan bersih hijau tingkat kelurahan se-Kabupaten Blora.

"Ada dua RT di sini. RT 005 dan 007, RW 002 Kelurahan Jetis. Kemudian warga antusias dan kebetulan ikut lomba lingkungan kelurahan bersih hijau dan kami mendapatkan juara satu tingkat Kabupaten Blora," kata Aris bangga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini