Share

Melongok Tanaman Kaktus Langka 2,5 Meter di TMII

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 Oktober 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 15 408 2293986 melongok-tanaman-kaktus-langka-2-5-meter-di-tmii-FVKSikwipt.jpg Taman Kaktus. (Foto: TMII)

TAMAN Mini Indonesia Indah (TMII) kembali dibuka untuk wisatawan pada Senin 12 Oktober 2020. Banyak wahana seru yang bisa disambangi, salah satunya Taman Kaktus suasananya asri.

Taman Kaktus yang berlokasi di Desa Seni TMII. Taman kaktus mulai dibangun pada 21 Februari 1997, kemudian tahun 1979 atas prakarsa Ibu Tien Soeharto dibangun rumah kaktus untuk pembudidayaan kaktus dan dibuka dengan resmi oleh Presiden Soeharto pada 20 April 1980.

Uniknya, Taman Kaktus dilengkapi bangunan rumah kaca berbentuk dan beratap bulat menyerupai kaktus.

Baca Juga: Berwisata ke Bali, Pevita Pearce Adu Nyali di Silakarang Adventure

 kaktus

Taman ini menyajikan berbagai jenis kaktus dan sukulen dari dalam dan luar negeri. Ada 32 jenis kaktus yang ditanam sesuai dengan tatanan habitat aslinya yang menggambarkan keanekaragaman flora Indonesia.

Jenis kaktus dan sukulen yang berasal dari luar negeri, terutama didatangkan dari Belgia dan Jepang. Sedangkan kaktus dari dalam negeri kebanyakan dari Bandung.

demi menggaet wisatawan di masa pandemi Covid-19, lokasi ini baru selesai direnovasi. Wisatawan yang berkunjung pun akan semakin nyaman.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Manajer Teknik dan Bangunan TMII Hudi Nursamsi mengatakan, tujuan merenovasi Taman Kaktus agar lebih melestarikan dan memperkenalkan kekayaan alam kepada seluruh wisatawan. Khususnya agar Anda mengenali tumbuhan kaktus.

"Kami melakukan renovasi Taman Kaktus agar para pengunjung lebih nyaman saat berada di Taman Kaktus, untuk memperkenalkan kekayaan alam, khususnya di flora mengenai tumbuhan Kaktus," kata Hudi dalam keterangannya, Kamis (15/10/2020).

Ada ikonik dari Taman Kaktus yang bisa dilihat wisatawan. Yakni adanya tanaman kaktus langka setinggi 2,5 meter.

"Tanaman kaktus yang ada dan sebesar ini hanya ada di TMII. Ada jenis tanaman kaktus dalam dan luar negeri, kurang lebih ada 32 jenis. Dan yang menarik ada tanaman kaktus setinggi 2,5 meter," tambah Hudi.

Ada juga kaktus Cleistocactus stausil setinggi 10 meter, Agave Parasana dan Gimnogayumus Hibotan dari Belgia, Opuntia Microdasys dari Meksiko, Notocactus Leninghausil, euphorbia Cristata, Echimocactus Grusonii dan Melocactus dari Jepang, dan masih banyak lagi.

Menurutnya, TMII melakukan renovasi taman karena selama puluhan tahun tidak pernah dilakukan perbaikan. Seperti pembersihan viber, dan sirkulasi penyiraman air untuk tanaman kaktus.

"Perbaikan awalnya bagian atap, sekarang kita lakukan pembersihan bahan viber dan sudah tahap finishing. Lalu sirkulasi penyiraman kita perbaiki, pintu-pintu kaca banyak yang pecah serta panel listrik, kita juga lakukan perbaikkan di lanskap Taman Kaktus," tutur Hudi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini