Share

Hari Pangan Sedunia, Ini 4 Agrowisata Terbaik Cocok Buat Liburan Masa Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 16 Oktober 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 16 408 2294587 hari-pangan-sedunia-ini-4-agrowisata-terbaik-cocok-buat-liburan-masa-covid-19-xanO1fZRAC.jpg Agrowisata Ciater Tea Mountain, Subang, Jawa Barat (subang.indonesia-tourism.com)

HARI Pangan Sedunia diperingati tiap 16 Oktober. Tahun ini tema perayaannya “Tanam, Pelihara, Lestarikan Bersama”. Tema tersebut juga mengacu pada sektor pariwisata Indonesia yang belakangan mulai gencar menggalakkan wisata berbasis pertanian dan perkebunun atau agrowisata.

Agrowisata memang bisa jadi alternatif bagi wisatawan yang ingin traveling di masa pandemi Covid-19. Agrowisata juga mengajak wisatawan semakin dekat dengan alam.

Agrowisata lokasinya di pedesaan, perkebunan atau kawasan hutan. Selain itu, wisata ini juga terbilang ramah anak, sehingga cocok dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

Baca juga: Hari Pangan Sedunia, Yuk Nikmati Wisata Tani Desa Betet

Nah, dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, berikut Okezone rangkumkan 4 rekomendasi spot agrowisata yang bisa jadi referensi Anda.

Agrowisata Gunung Mas Cisarua

Mau menikmati momen Tahun Baru bersama si kecil? Jangan lupa mampir ke Agrowisata Gunung Mas Cisarua di Puncak, Bogor. Di tempat ini, Anda bisa mengajak si kecil berkeliling dengan menyewa kuda atau sepeda dengan tarif yang cukup terjangkau.

ilustrasi

Agrowisata Gunung Mas (IG @maryastutiek)

Panorama perkebunan teh yang menyejukkan mata serta suasana alam yang begitu damai dan hijau menjadi daya tarik andalan tempar tersebut. Tempat ini juga menyediakan penginapan bagi wisatawan yang ingin tinggal lebih lama.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi tempat ini, Agrowisata Gunung Mas Cisaruan berada di Jalan. Raya Puncak KM.87, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Untuk tiket masuknya, Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya Rp15 ribu per orang. Namun bila ingin menjajal berbagai fasilitas yang telah disediakan, maka Anda harus menyiapkan budget berlebih.

Agrowisata Ciater Tea Mountain, Subang

Agrowisata Ciater Tea Mountain merupakan perkebunan teh yang dikelola PT Perkebunan Nusantara VIII. Sejauh mata memandang adalah tanaman teh yang menghijau. Kebun Teh Ciater merupakan perkebunan teh dataran medium dengan ketinggian 1.650 meter di atas permukaan laut.

Jangan lewatkan sensasi menikmati surabi hangat di tengah perkebunan teh. Dekat dari Agrowisata Ciater Tea Mountain, terdapat kedai Surabi Romantis yang bisa jadi pilihan untuk menyantap surabi oncom.

Baca juga: Hari Pangan Sedunia, Intip Wisata Sawah Svargabumi di Borobudur

Agrowisata Ciater Tea Mountain berada di Jl. Raya Ciater RT 04 / RW 05, Ciater, Subang, Kabupaten Subang. Untuk menuju tempat ini bisa melalui Tol Cikopo-Palimanan, keluar gerbang tol Subang di KM 109 lalu belok kanan ke Jl Otto Iskandardinata. Lurus terus sampai bundaran lalu menuju Jl RA Wangsa Ghofrana dan belok kanan ke Jl Letnan Jend. S. Parman.

Kemudian belok kiri ke Jl. Jend. Achmad Yani lalu terus ke Jl. Raya Cijambe dan Jl. Raya Cagak-Subang. Kemudian belok kiri ke Jl. Palasari Dua - Babakan Gn. sampai terus ke Jl. Raya Ciater. Tujuan ada di sebelah kiri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hortipark Pesawaran Lampung

belum lama ini Lampung meluncurkan sebuah agrowisata baru yakni, Hortipark Pesawaran. Mengutip laman lampungprov.go.id, objek wisata tersebut sengaja diluncurkan untuk meningkatkan produktivitas para petani di Kabupaten Pesawaran yang diketahui sebagai penyanggah Kota Bandar Lampung. 

Meski lahan pertanian Hortipark Pesawaran tidak terlalu luas, objek wisata tersebut diketahui membudidayakan beberapa tanaman yang masuk dalam keluarga cucurbitaceae (melon, semangka dan labu).

Di sini wisatawan bisa belajar mengenai budidaya melon maupun semangka. Sayangnya, untuk saat ini pengelola tidak memperkenankan wisatawan memetik sendiri buah-buahan tersebut. Karena dikhawatirkan mereka belum terlalu paham untuk mengidentifikasi buah yang benar-benar sudah matang dan manis. 

Jangan khawatir, di pintu masuk wisatawan bisa langsung mencicipi sensasi rasa manis semangka dan melon hasil budidaya Hortipark Pesawaran.

"Di pintu masuk, kita bisa beli produknya. Walaupun harganya sama dengan swalayan, tapi buah-buahan ini petik matang di pohon. Rasa manisnya beda banget dengan melon beli di swalayan," ujar Laila kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

ilustrasi

Hortipark Pasawaran (Twitter @lailadimyati)

Untuk menuju lokasi, wisatawan bisa menggunakan pribadi dari adah Kemiling menuju Pringsewu. Setelah sampai di Tugu Cokelat Pesawaran, bisa langsung belok kanan. Lokasinya tidak jauh dari Samsat Pesawaran. Anda juga bisa menggunakan peta digital untuk menunjukkan arah. Harga tiket masuk Hortipark Pesawaran terbilang terjangkau yakni, Rp10 ribu saja.

Taman Agrowisata Cilangkap 

Terakhir ada Taman Agrowisata yang terletak di Jalan Raya Cilangkap No. 45, Jakarta Timur. Taman seluas 25 hektare ini dikelola oleh dinas pertanian dan kehutanan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

Mengutip laman Indonesia Kaya, Jumat (16/10/2020), Taman Agrowisata Cilangkap memiliki beberapa fasilitas seperti arena olahraga, jogging track, arena bermain anak, serta bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, di sekitar area taman memiliki danau yang biasanya dijadikan area untuk memancing.

Selain sebagai tempat budidaya tanaman dan hidroponik center di Kawasan Cilangkap, di sini, pengunjung juga bisa melihat aneka jenis tanaman mulai dari aneka jenis pohon rambutan dan juga tanaman anggrek yang tumbuh subur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini