Share

Perlu Gak Sih Mandi Air Hangat Setelah Kehujanan?

Muhammad Sukardi, Okezone · Minggu 18 Oktober 2020 06:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 17 612 2295313 perlu-gak-sih-mandi-air-hangat-setelah-kehujanan-IMAEn0iKm4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA memang sempat beberapa hari terakhir, meskipun lebih sering cuacanya terbilang terik. Nah, jika kebetulan Anda belum mempersiapkan payung dan terpaksa pulang hujan-hujanan, hati-hati bisa sakit.

Ketika kita kehujanan hal pertama yang harus dilakukan adalah langsung mandi. Memang, ada beberapa orang yang usai kehujanan biasanya seseorang akan kedinginan dan memutuskan untuk menghangatkan diri. Namun kebiasaan ini ternyata tidak tepat. Hal ini diungkapkan oleh dr. Sumiati Yusup.

“Kehujanan tidak akan berisiko besar pada suatu penyakit namun syaratnya harus langsung mandi. Jika tidak segera mandi, kondisi pakaian yang sudah basah akan membuat tubuh menjadi menggigil,” terang dr. Sumiati.

Lebih lanjut dr. Sumiati mengatakan, seseorang tidak wajib menggunakan air hangat untuk mandi usai kehujanan. Seseorang bisa menggunakan air biasa dengan suhu normal. Air hangat bisa digunakan hanya sebagai opsi apabila suhu air terlalu dingin.

kehujanan

“Setelah mandi, seseorang dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman hangat seperti roti atau teh. Kalau kenyang mengonsumsi kue atau minum hangat," tambahnya.

Selain itu mengonsumsi vitamin juga bisa dilakukan untuk menjaga stamina tubuh. Vitamin C1000 bisa menjadi pilihan yang tepat. “Tapi kalau dikonsumsi oleh orang yang punya penyakit maag justru menyebabkan maagnya kambuh." katanya.

Oleh karena itu, yang paling penting adalah menjaga nutrisi agar tercukupi dan stamina telah terjaga. "Jadi sesuai kebutuhan saja,” tuntasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini