Share

Tongseng Mentok, Kuliner Khas Pemalang yang Bikin Ketagihan

Mustafidhotul Ummah, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 12:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 301 2296972 tongseng-mentok-kuliner-khas-pemalang-yang-bikin-ketagihan-1dYkG6AgYy.JPG Tongseng mentok khas Pemalang (Foto: Cookpad)

KOTA Pemalang di Jawa Tengah, terkenal dengan penghasil berbagai macam batik yang jaraknya berdekatan dengan Kota Pekalongan. Kota tersebut sering dikunjungi wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Terdapat banyak objek wisata yang sayang jika Anda lewatkan. Namun, seringkali Anda hanya mengunjungi tempatnya saja tanpa mencicipi kulineran khas Pemalang seperti Tongseng Mentok.

Tongseng merupakan masakan yang berasal dari Boyolali, Jawa Tengah. Rasanya yang manis dan sedap semakin mantap berpadu daging super empuk serta potongan kol dan cabai di dalamnya.

Di Pemalang, terdapat kuliner khas andalan masyarakat lokal yakni Tongseng Mentok. Menyitir dari channel YouTube Official iNews SMG, Tongseng Mentok menjadi kuliner andalan warung para warga kecamatan Taman, Pemalang, Jawa Tengah.

Daging entok terkenal gurih dengan tekstur yang lembut serta memasaknya sangat mudah, dengan menggunakan bumbu dari aneka rempah. Meraciknya terbilang cukup simpel yaitu daging entok dipotong kecil-kecil yang dimasak dalam wajan serta diberi sedikit air dan juga minyak.

Baca juga: Wonogiri Tawarkan Wisata Pantai, Tak Kalah Cantik dari Gunungkidul

Setelah setengah matang, lalu dimasukkan cabai, kol dan aneka bumbu yakni bawang merah, bawang putih, jahe, merica dan bumbu rempah lainnya.

Aneka bumbu rempah dengan daging yang empuk membuat makanan ini cocok untuk memulihkan stamina tubuh. Selain itu Tongseng Mentok ini dipadu dengan sambal terong kuah santan atau pecak terong pati.

"Ini sangat enak, ada tongseng mentok, ada juga pecak terong pati, ditambah sama lalapan, sangat luar biasa, apalagi ditambah dengan suasana pedesaan yang asri sangat enak untuk dikunjungi,” ucap seorang pengunjung, Judi Cruz.

Daging entok terkenal dengan teksturnya yang gurih apalagi ditambah dengan kuah tongseng akan lebih lezat dan pastinya mantap.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hidangan ini sangat cocok disantap pada saat musim hujan, karena salah satu bumbu utama tongseng adalah jahe yang tentunya untuk menghangatkan tubuh. Warung sederhana ini sangat ramai dikunjungi oleh penikmat tongseng.

“Tongseng entok ini dagingnya sangat gurih, terus lebih keset, lebih enak lah dari daging ayam. Kalau sudah direbus dagingnya terlebih dahulu, kurang lebih 15 menit saja. Biasanya paling banyak konsumennya bapak-bapak. Tongseng mentok katanya rasanya pas, terus pedasnya bisa menyesuaikan selera,” kata penjual Tongseng Mentok, Wulan.

Adapun harga satu porsi Tongseng Mentok yaitu Rp40 ribu sudah termasuk nasi serta lalapan.

Bagi Anda penikmat kopi, di Warung Tongseng Mentok ini juga menyediakan kopi khas Pemalang, yang rasanya tak kalah enak dengan merek lainnya. Sedangkan bagi Anda yang kurang menyukai kopi, di sini juga terdapat aneka minuman jus dari buah segar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini