Share
Advertisement

Waspada, Data Pribadi Bocor Gara-Gara Install Aplikasi VPN Gratis

INews.id , Jurnalis-Minggu 25 Oktober 2020 15:17 WIB
(Foto: Pixabay)
(Foto: Pixabay)
A
A
A

Pengguna tentu tidak ingin data pribadi mereka bocor dan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Data pribadi tersebut perlu dijaga agar tidak sampai disalahgunakan oleh orang lain.

Salah satu upaya untuk menjaga data pribadi agar tidak bocor ialah tidak sembarangan menggunakan aplikasi VPN gratis. VPN ialah Virtual Private Network, aplikasi yang digunakan untuk membuka aplikasi-aplikasi tertentu. Namun, VPN ternyata tidak aman karena diklaim bisa meretas data privasi penggunanya, dikutip dari iNews.

Kepala Penelitian Siber Check Point, Yaniv Balmas menjelaskan, banyak aplikasi VPN gratis yang bisa mengekspos data pribadi pengguna meski sudah terkunci.

"VPN adalah layanan yang dirancang untuk mengenkripsi seluruh lalu lintas komputer. Layanan ini seharusnya menyediakan layanan yang aman dan tangguh," kata Balmas.

Balmas menambahkan, ketika pengguna menyembunyikan identitasnya, dengan mudah bisa terenkripsi melalui satu atau lebih router anonim. Artinya, penyedia VPN menggunakan metode enkripsi terbaru dan sering mengubah titik peruteannya.

 Pengguna tentu tidak ingin data pribadi mereka bocor dan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga: Mengenal Istilah NFC pada Smartphone Android

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement