Share

Perumahan di Jatiasih Terendam Banjir, 80 Warga Mengungsi

Abdullah M Surjaya , Koran SI · Minggu 25 Oktober 2020 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 338 2299247 perumahan-di-jatiasih-terendam-banjir-80-warga-mengungsi-f5hhL7Db11.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)
A A A

BEKASI – Puluhan warga Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (25/10/2020) terpaksa mengungsi akibat banjir yang menerjang tempat tinggalnya. Puluhan warga dievakuasi oleh petugas maupun relawan menggunakan perahu karet.

Kasie Rekontruksi dan Rehabilitasi BPBD Kota Bekasi, Hendra mengatakan, hingga siang ini ada 80 warga yang telah dievakuasi dan berada di Posko BNPB di sekitar Perumahan Pondok Gede Permai. ”Ada yang berada di posko, dan mengungsi ke tempat saudaranya dan ada juga yang memilih bertahan di lantai dua rumahnya,” katanya.

Hendra menyatakan, warga terdampak banjir yang mengungsi juga tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, mulai dari menjaga jarak hingga penggunaan masker. ”Tim masih evakuasi di lapangan, kami utamakan evakuasi anak kecil, ibu hamil, orang sakit dan lansia,” ungkapnya.

Baca Juga:  Lapangan Bola Terendam Banjir Jadi Tempat Pemancingan Ikan Dadakan

Diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menyebutkan sejumlah wilayahnya terendam banjir dari Sabtu 25 Oktober hingga pagi ini. Banjir terjadi akibat luapan Kali Bekasi ke permukiman warga. Alhasil, ada delapan titik yang mengalami banjir hingga 1 meter lebih.

Adapun wilayah yang terdampak di antaranya PGP dengan ketinggian air 1 meter dan warga sudah mengungsi ke tempat yang aman, petugas sedang mendirikan posko banjir di lokasi ini. ”Kami juga sedang melakukan evakuasi terhadap beberapa warga yang terjebak banjir,” ujarnya.

Kemudian, Perumahan Jatirasa dengan ketinggian 200 centimeter, hanya saja di wilayahnya ini kondisinya sudah surut. Lalu, Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML) ketinggian air 60 centimeter, kondisi saat ini sudah surut. Perumahan Kemang IFI dan Komplek AL dipastikan sudah surut dari banjir.

Baca Juga:  Sejak Kemarin, Permukiman Warga di Bogor Terendam Banjir

Banjir telah surut di Perumahan Jaka kencana, Gang Mawar VI (RT08/08) air sudah masuk ke permukiman dan warga sudah mulai mengungsi. Sebab, ketinggian air mencapai 1 meter. Lalu, di Gang Kalimaya, Patal Bekasi dan Kampung Lebak Teluk Pucung. ”Petugas sedang monitoring Kalimalaya dan Kampung Lebak,” ungkapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini