Share

Basarnas Evakuasi Warga Dua Perumahan Terdampak Banjir di Bekasi

Abdullah M Surjaya , Koran SI · Minggu 25 Oktober 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 338 2299259 basarnas-evakuasi-warga-dua-perumahan-terdampak-banjir-di-bekasi-fivugZ1QTm.jpg Ilustrasi banjir. (Foto: Okezone.com)
A A A

BEKASI – Tim Rescue Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, telah mengevakuasi korban banjir di Villa Nusa Indah 2 dan Villa Jatirasa, Kota Bekasi. Dua perumahan tersebut terdampak luapan Kali Cikeas dan Kali Cileungsi. Banjir di dua perumahan tersebut kini sudah mulai surut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Hendra Sudirman mengatakan, dua perumahan yang mulai terendam sejak Sabtu (24/10) din ihari sudah dievakuasi dan air yang meluap di permukiman warga sudah surut.

Baca juga: Banjir Terjang Permukiman Bantaran Kali Bekasi, Berikut Titik-titiknya

”Sudah surut, warga yang kita evakuasi sudah kembali ke rumahnya masing-masing,” katanya.

Menurut dia, terendamnya dua perumahan tersebut disebabkan hujan yang mengguyur kawasan Bogor pada Sabtu (24/10) malam, mengakibatkan meningkatnya debit air pada aliran kali Cikeas dan Cileungsi. Debit air yang meningkat mengakibatkan luapan dan terjadinya banjir di kawasan Bekasi dan sekitarnya.

”Tim rescue sudah kita kerahkan sejak Sabtu (24/10) malam setelah kita mendapatkan informasi bahwa Pintu Air P2C, sudah menunjukan ketinggian debit air di atas 600 M, kita kerahkan menuju daerah yang sering mengalami dampak banjir yaitu Perumahan Villa Nusa Indah,” katanya kepada SINDOnews, Minggu (25/10/2020).

Baca juga: Pria yang Coba Bunuh Diri di Minimarket Terlilit Utang Pinjaman Online

Kemudian sekitar pukul 00.30 WIB, proses evakuasi pun dilaksanakan oleh tim SAR gabungan dengan menelusuri perumahan tersebut, di mana ketinggian banjir mencapai 120 cm. Setelah tim menyusuri daerah tersebut, ternyata banyak dari warga setempat yang lebih memilih bertahan di lantai dua rumah mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hanya 5 orang warga yang ingin dievakuasi menuju tempat yang aman. Kemudian sekitar pukul 05.30 WIB, banjir berangsur surut. Tim mulai beralih menuju Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Bekasi.

Alhasil, tim pun kembali melakukan koordinasi dengan perangkat daerah setempat guna melakukan proses evakuasi warga yang terdampak banjir sekitar pukul 08.45 WIB. Tim melakukan penyusuran area perumahan yang digenangi banjir dengan ketinggian kurang lebih 80 hingga 100 cm.

Tim kemudian berhasil mengevakuasi 20 orang yang terdiri dari lansia, balita serta orang dewasa menuju tempat yang lebih aman. Hingga saat ini banjir masih menggenangi kawasan tersebut, namun debit air mulai berangsur surut. Tim rescue masih melaksanakan kesiapsiagaan banjir di kawasan tersebut hingga kondisi aman dan terkendali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini