Share

Hasil F1 GP Portugal 2020: Lewis Hamilton Ukir Rekor Kemenangan 92 Kali

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 22:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 37 2299386 hasil-f1-gp-portugal-2020-lewis-hamilton-ukir-rekor-kemenangan-92-kali-Ck8vtWh93d.jpg Balapan F1 GP Portugal 2020 (Foto: Twitter/@F1)
A A A

PORTIMAO – Sejarah tercipta pada F1 GP Portugal 2020, Minggu (25/10/2020) malam WIB. Lewis Hamilton berhasil meraih kemenangan yang sekaligus menjadi pemecahan rekor. Itu merupakan kemenangan ke-92 sejak mengaspal di F1 pada 2007, jumlah kemenangan terbanyak di ajang balap jet darat tersebut.

Jalannya Balapan

Start balapan sudah diwarnai drama ketika Max Verstappen bersenggolan dengan Sergio Perez. Beruntung, kerusakan yang dialami keduanya tidak parah sehingga bisa melanjutkan balapan. Drama mulai terjadi ketika hujan sempat mengguyur sirkuit memasuki putaran kedua.

Kejutan terjadi ketika pembalap McLaren Carlos Sainz Jr sempat memimpin lomba. Sayangnya, pembalap asal Spanyol itu hanya menjadi pimpinan lomba hingga putaran keenam. Valtteri Bottas dari Mercedes AMG Petronas, mengambil alih posisi terdepan pada putaran tersebut.

Baca juga: Hasil Kualifikasi F1 GP Portugal, Mercedes Mendominasi

Valtteri Bottas ambil alih pimpinan lomba (Foto: Twitter/@F1)

Posisi terdepan dikuasai Valtteri Bottas hinga putaran 20. Lewis Hamilton berhasil menyalip rekan setimnya itu di trek lurus untuk mengambil alih pimpinan lomba. Setelah mampu berada di depan, juara dunia F1 2019 itu mulai membuka jarak.

Hingga memasuki pertengahan lomba dari 66 putaran, Lewis Hamilton hanya bisa merentang jarak 8 detik dengan Valtteri Bottas. Sementara itu, tempat ketiga dihuni oleh Max Verstappen. Menariknya, pembalap asal Belanda itu sudah di-overlap oleh Lewis Hamilton pada putaran 37!

Pimpinan lomba masih dipegang Lewis Hamilton hingga 10 putaran terakhir lomba. Memasuki putaran 58, pembalap asal Inggris itu sempat mengeluh kram kepada race engineer lewat radio tim. Namun, tidak ada drama berlebihan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sang juara dunia F1 enam kali itu semakin tidak terkejar hingga bendera finis dikibarkan. Lewis Hamilton mencetak kemenangan bersejarah di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Portugal. Itu merupakan kemenangan ke-92 di ajang F1.

Nominal tersebut menjadikan Lewis Hamilton sebagai pengoleksi kemenangan terbanyak di F1. Sebelumnya, pembalap berusia 35 tahun itu menyamai rekor sepanjang masa Michael Schumacher dengan total 91 kemenangan di F1 GP Eifel dua pekan lalu.

Posisi kedua dihuni oleh rekan setimnya, Valtteri Bottas. Sedangkan peringkat tiga ditempati oleh Max Verstappen dari Red Bull Racing. Di belakangnya ada Charles Leclerc dari Scuderia Ferrari dan Pierre Gasley (Scuderia Alpha Tauri) melengkapi posisi lima besar.

Berikut hasil lengkap F1 GP Portugal 2020

Hasil balapan F1 GP Portugal 2020 (Foto: Twitter/@F1)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini