Share

Baca Juga:

Punya Modal Usaha Tanpa Pusing Pinjam ke Bank Atau Menabung

Rina Anggraeni , Sindonews · Minggu 25 Oktober 2020 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 455 2299143 punya-modal-usaha-tanpa-pusing-pinjam-ke-bank-atau-menabung-tIyBMOrZG3.jpg Tips Mencari Modal Usaha. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Ingin berbisnis tapi bingung cari modalnya? Fintech bisa menjadi jalan mendapatkan modal yang lebih praktis dan mudah.

Artinya tidak perlu lagi harus menjual barang, menabung, atau meminjam uang ke bank. Memulai usaha bisa dengan mengaksesnya langsung lewat ponsel atau laptop.

Baca Juga: Ingin Jadi Wirausaha Sosial yang Sukses? Begini 5 Kuncinya

Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta mengatakan, berbagai sumber modal digital tidak hanya memudahkan, tetapi juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuanmu.

"Masing-masing sumber modal memiliki karakteristik dan syarat peminjaman yang berbeda, sehingga bisa pilih yang paling sesuai," kata Nafan Aji, di Jakarta, Minggu (25/10/2020).

Adapun mendaftar di forum pendanaan investor adalah cara yang bisa dilakukan dalam mendapatkan modal. Di antaranya memilih tempat bertemunua pemilik usaha dengan calon pemberi dana atau investor. Forum ini biasanya ditujukan untuk orang yang sudah memiliki usaha kecil yang relatif stabil, bukan yang belum mulai sama sekali.

Baca Juga: Kini Para Santri Milenial Bisa Kembangkan Bakat Ekonomi Digital

"Kamu bisa mendapat calon investor yang potensial, karena forum seperti ini biasanya menyeleksi anggota dengan cukup ketat," katanya.

Baca Juga:

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Lalu, menjual brang lewat internet. Kata dia , ini adalah sumber pendanaan umum yang masih sering dilakukan.

Internet dan lapak digital memudahkanmu untuk menemukan calon pembeli, bahkan jika barang yang kamu jual cukup mahal seperti barang elektronik atau kendaraan bermotor.

"Hasilnya bisa kamu jadikan modal untuk usaha kecil. Manfaatkan juga semua akun jejaring sosialmu untuk mendapat pembeli cepat," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini