Share

Pasca-PSBB Ketat, Ragunan Jadi Lebih Bersih Loh

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 408 2300573 pasca-psbb-ketat-ragunan-jadi-lebih-bersih-loh-l2LfJ6doFz.jpg Jerapah di Taman Margasatwa Ragunan. (Foto: Okezone)

MENJADI destinasi favorit, Taman Margasatwa Ragunan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dari Jakarta maupun sekitarnya. Pengunjung akan puas melihat koleksi lebih dari 2.000 satwa dan ribuan pepohonan yang membuat udara di sekitarnya sejuk.

Diresmikan sejak 22 Juni 1966, Taman Margasatwa Ragunan tidak pernah sepi pengunjung karena banyak yang penasaran mengenal beragam jenis satwa. Anda bisa melihat ular, harimau, gajah, kuda nil, jerapah, burung elang, buaya, primata, dan lainnya yang dapat dilihat dari jarak dekat.

Biasanya pengunjung akan mengambil foto dan berinteraksi dengan para satwanya. Untuk melihat koleksinya dengan lengkap, pengunjung dapat berjalan mengelilingi Taman Margasatwa Ragunan dengan melewati anak tangga serta tanjakan dan turunan, rasanya seperti olahraga.

Namun tak perlu khawatir karena tersedia kereta keliling dan penyewaan sepeda yang akan membawa Anda untuk melihat koleksi di taman dengan luas sekitar 147 hektar ini. Walau berada di Kota Metropolitan, suasananya tak kalah sejuk dan asri dari dataran tinggi karena di sini terdapat banyak tanaman serta pepohonan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Fasilitas yang tersedia pun lengkap seperti mushola, toilet umum, toko cenderamata, dan tempat makan. Dijamin seru dan enggak bosan deh kalau piknik ke Taman Margasatwa Ragunan.

“Sekarang suasananya lebih bersih, buat jalannya lebih enak, dan melihat binatangnya pun lebih nyaman. Penempatan binatangnya lebih tertata dan terdapat penjelasannya di hampir setiap kandang, jadi pengunjung bisa mengetahui jenis dan deskripsi tentang satwanya” ujar Tri Mei, salah satu wisatawan asal Tangerang.

Selain itu, tersedia beberapa wahana untuk berinteraksi langsung dengan hewan seperti kuda tunggang, onta tunggang, kuda bendi, dan taman satwa anak. Bagi rombongan, tersedia juga jasa pemandu wisata yang akan membawa wisatawan berkeliling sambil mempelajari berbagai jenis satwa. Menyusuri kolam hijau yang ada di taman margasatwa ini pun bisa dengan menaiki perahu angsa dan harganya cukup terjangkau yakni Rp18 ribu saja.

Wisatawan dapat bersantai sejenak dengan duduk di antara pepohonan yang rindang beralaskan tikar yang disewakan dengan tarif sekitar Rp15 ribu sampai Rp20 ribuan. Objek wisata yang berada di Jalan Harsono Nomor 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini buka setiap Selasa-Minggu mulai pukul 07.30 hingga 15.00 WIB. Tiket masuk per orangnya pun terjangkau yakni hanya sekitar Rp4 ribu untuk dewasa dan Rp3 ribu untuk anak-anak.

Berada sekitar 20 kilometer dari pusat kota, akses menuju tempat wisata ini tergolong mudah. Banyak kendaraan umum dengan tujuan langsung ke Taman Margasatwa Ragunan, seperti busway dan angkot.

Sayangnya, di masa PSBB ini, hanya warga dengan KTP Jakarta saja yang diperbolehkan berkunjung dan per harinya hanya menerima 50% dari total keseluruhan. Walau begitu, warga luar Jakarta dapat melihat koleksi satwa di Ragunan melalui tur virtual yang diadakan pada laman Instagram dan Twitter resmi @ragunanzoo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini