Share

8 Sajian Rujak dari Aceh Hingga Bali, Mantap Betul!

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 301 2300792 8-sajian-rujak-dari-aceh-hingga-bali-mantap-betul-8woSF56rZU.jpg Rujak juhi. (Foto: Okezone)

SIAPA yang tidak tahu makanan satu ini, yaitu rujak. Memiliki cita rasa perpaduan asam, manis, pedas dan asin, rujak bisa ditemukan di hampir setiap penjuru nusantara.

Rujak umumnya dibuat menggunakan bahan buah-buahan yang disiram dengan saus gula jawa dan cabai. Maka tak jarang orang menyebutnya sebagai salad tradisional dari Indonesia.

Tapi sudah tahukan Okezoners, bahwa sajian kuliner rujak ini hadir dalam jenis dan rasa yang berbeda lho di setiap daerah di Indonesia. Dilansir Okezone dari Indonesia Travel, Rabu (28/10/2020), berikut 8 olahan rujak dengan rasa lezat yang ada di Indonesia.

Rujak U Groh, Aceh

rujak

Aceh Besar punya jenis rujaknya sendiri lho, namanya rujak U Groh. Nah, jika secara umum rujak berbahan dasar irisan buah-buahan, rujak satu ini terbuat dari batok kelapa.

Batok kelapa muda dikerik dan dicuci, kemudian dicampurkan dengan bumbu rujak dan diberi perasan air jeruk nipis. Kebayang kan Okezoners gimana segarnya rujak dengan paduan kelapa khas Aceh ini.

Baca Juga: Pasca-PSBB Ketat, Ragunan Jadi Lebih Bersih Loh

Rujak Juhi, Jakarta

Jakarta juga punya rujak andalannya lho Okezoners. Namanya adalah rujak juhi khas Betawi. Rujak ini menggunakan juhi atau cumi-cumi yang telah melalui proses fermentasi lalu dikeringkan dan digunakan sebagai bahan utama rujak ini.

Selain juhi, ada juga bahan lain, seperti kol, kentang, selada, timun, dan kerupuk mie sebagai bahan pelengkapnya. Sedangkan untuk sausnya, rujak juhi menggunakan saus kacang yang segar yang disiram di atasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Rujak Es Krim, Yogyakarta

Ada yang berbeda dengan sajian rujak dari Yogyakarta satu ini lho Okezoners. Rujaknya ternyata diberikan topping es krim. Gimana ya kira-kira rasanya? Nah, jika Okezoners kedapatan sedang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan nih, kudapan rujak es krim yang khas dan melegenda ini.

Sajian utama rujak ini terdiri dari potongan buah-buahan seperti timun, kedondong, nanas, bengkoang, dan pepaya ini disiram bumbu rujak, kemudian ditambahkan topping es krim rasa kelapa di atasnya. Rasa pedas, manis, dan asam yang dihasilkan oleh kudapan yang satu ini sangat ampuh untuk menghilangkan dahaga di tengah cuaca panas.

Rujak Gobet, Malang

 rujak

Selain terkenal dengan baksonya, Malang juga punya kuliner andalan lainnya lho, yakni rujak gobet. Rujak khas Malang ini terdiri dari berbagai macam buah-buahan, seperti kedondong, bengkoang, mangga muda, nanas, mentimun, ubi jalar, dan jeruk bali, yang kemudian diparut dan direndam dalam kuah pedas, manis, dan gurih. Pokoknya, Okezoners wajib mencoba kuliner yang satu ini saat sedang berada di malang.

Rujak Cingur, Surabaya

Ini dia salah satu rujak yang terkenal seantero negeri. Saking terkenalnya, rujak cingur khas Surabaya ini bisa ditemukan hampir di setiap daerah Indonesia. Rujak cingur adalah rujak yang terbuat dari lidah sapi yang direbus dengan suhu tinggi, sehingga terasa lebih empuk.

Selain cingur, ada juga pelengkap lainnya yang terdiri dari buah dan sayur, seperti mentimun, bengkoang, tauge, kangkung, dan kacang-kacangan. Sepiring hidangan rujak terasa lebih sempurna dengan siraman saus kacang yang gurih.

Rujak Soto, Banyuwangi

Jika Okezoners suka soto dan rujak sekaligus, tenang di Banyuwangi ada rujak soto. Rujak soto ini terdiri dari sayuran rebus, seperti kangkung dan tauge, dicampur dengan kuah spesial yang terbuat dari kacang tanah halus, gula merah, dan terasi.

Sajian rujak ini ditempatkan dalam mangkuk dan dituangkan bersama dengan kuah soto yang gurih dan hangat. Seperti rujak ala Jawa Timur lainnya, rujak Banyuwangi ini juga bisa diisi dengan topping cingur lho.

Rujak Petis, Jawa Timur

Petis dalam bahasa Jawa berarti terasi. Sehingga, rujak petis berarti rujak yang disiram dengan kuah petis (terasi). Rujak petis ini dapat ditemukan di berbagai daerah di Jawa Timur. Biasanya, satu porsi rujak petis berisi potongan buah-buahan dan sayuran yang disiram dengan kuah petis yang bertabur kacang.

Rujak Kuah Pindang, Bali

 

Rujak kuah pindang khas Bali ini terdiri dari berbagai irisan buah, seperti mangga hijau, pepaya, jeruk bali, dan kedondong. Ini dia yang membuat rujak kuah pindang berbeda dengan rujak yang ada pada umumnya.

Jika rujak secara umum menggunakan siraman kuah terasi atau saus kacang, rujak khas Bali ini justru disiram kuah kepala ikan pindang. Kuah khasnya menawarkan sensasi rasa yang unik, yakni manis, gurih dan pedas. (dwk)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini