Share

Kamala Harris Doyan Kuliner Kampung Leluhur, Ini 4 Makanan Favoritnya

Ersa Ambarita, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 11 301 2308115 kamala-harris-doyan-kuliner-kampung-leluhur-ini-4-makanan-favoritnya-wvTnWe1XSI.jpg Tikka, makanan khas India favorit Kamala Harris (Instagram @emmasblog)

KAMALA Harris yang mendampingi Joe Biden memenangkan Pilpres Amerika Serikat 2020. Meski belum disahkan secara resmi, tapi Harris dipastikan jadi Wakil Presiden perempuan pertama AS. Capaian senator muda keturunan Asia Selatan ini pun menarik perhatian dunia.

“Saya mungkin wanita pertama di kantor ini, saya tidak akan menjadi yang terakhir. Karena setiap gadis kecil yang menonton pada malam ini melihat bahwa ini adalah negara dengan penuh peluang,” kata Harris saat berpidato di podium Wilmington, Delaware, Minggu 8 November lalu.

Baca juga: Deretan Makanan Favorit Joe Biden, Presiden Terpilih Amerika Serikat

Kamala Harris kini terus jadi perbincangan dunia, terlebih ia merupakan perempuan kulit hitam pertama yang jadi Wapres AS. Gaya hidupnya jadi sorotan publik, makanan kesukaannya juga menarik diselidiki.

Dalam beberapa kesempatan, Kamala Harris yang merupakan perempuan keturunan India ini mengungkapkan kuliner favoritnya. Apa saja? Berikut ulasannya :

1. Idli

Di India selatan, daerah asal leluhurnya Kamala Harris, idli menjadi menu sarapan populer. Pembuatan makanan ini sedikit rumit karena beras sebagai bahan utama harus difermentasi terlebih dahulu selama 8-10 jam di dalam air.

Kemudian adonan yang dibuat akan mengembang dan harus dikukus kurang lebih 10 menit. Sedangkan bentuk sajian idli umumnya adalah bulat seperti serabi yang ada di Indonesia.

ilustrasi

Idli India (Instagram @sadyaclub)

Kue kukus ini kaya protein dan akan lezat rasanya jika disantap panas-panas dengan buah nanas.

Saat menjawab beberapa pertanyaan publik beberapa waktu lalu, Kamala Harris menyebutkan bahwa salah satu makanan favoritnya di India selatan adalah Idli.

Baca juga: Hari Pahlawan, Ini 6 Kuliner Favorit Presiden Soekarno

“Jadi, di India Selatan, itu (makanan favoritnya) adalah Idli,” ungkap Kamala di akun Instagramnya @kamallaharris.

2. Sambar

Idli tidak lengkap rasanya jika tanpa sambar. Menurut Kamala Harris, kombinasi sambar dan idli menghasilkan rasa “begitu enak.”

Sambar sendiri merupakan makanan tradisional khas India selatan. Makanan ini dihidangkan dengan sup sayuran yang berbahan dasar kacang lentil dan kacang polong.

Untuk sayuran yang digunakan adalah lobak, melon, wortel, terong, tomat, bawang bombai, kelor, dan kentang. Sedangkan bumbunya terdiri atas cabai merah utuh panggang, biji ketumbar, biji fenugreek, asafoetida dan daun kari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Tikka

Selanjutnya, Kamala menyebutkan bahwa ia menyukai kuliner tikka. Tikka adalah makanan khas India yang dibuat dengan potongan ayam bakar tanpa tulang yang telah disiram oleh saus kari.

“Dan kemudian, dari India utara, kemungkinan adalah semua jenis tikka,” tukasnya.

Makanan ini cukup unik karena mencampurkan rempah garam masala dengan yogurt. Garam masala adalah campuran banyak rempah yang terdiri dari cengkeh, kapulaga hijau, ketumbar, kayu manis, jintan, pala, black pepper, biji pala, dan adas manis yang dicampur dengan bumbu lainnya.

Rempah-rempah ini kemudian digoreng tanpa menggunakan minyak agar aromanya terasa dan membuat minyak atsirinya keluar. Sementara itu, daging ayamnya harus direndam di dalam marinate.

Kemudian potongan daging akan ditusuk ke lidi seperti sate lalu dipanggang. Adapun olahan saus kari yang menemani hidangan ayam harus dikentalkan dengan heavy cream. Masakan ini sangat cocok dinikmati dengan nasi putih dan roti.

4. Cheese Burger

Makanan yang sudah tidak asing lagi didengar banyak orang ini rupanya salah satu makanan favorit Kamala Harris. Cheese burger dengan irisan keju yang diletakkan di atas patty daging akan dipadukan dengan sayur selada, irisan bawang dan tomat.ilustrasi

Cheese burger (Instagram @shakeshack)

Sedangkan siraman saus bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Namun, biasanya saus tomat, mayones, dan mustard adalah siraman saus yang paling sering digunakan.

“Sejujurnya, saya suka burger keju dari waktu ke waktu, saya menyukainya," kata Harris dikutip dari Newsweek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini