Share

Berwisata ke Raja Ampat ala Malang, Asyik Loh

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 408 2308585 berwisata-ke-raja-ampat-ala-malang-asyik-loh-5tcOkJaluQ.jpg Pantai Clungup. (Foto: Instagram/@widiayepe)

TRAVELER tak perlu jauh-jauh ke Raja Ampat jika ingin menikmati pantai dengan panorama pulau-pulau kecil yang mempesona. Di Malang, Jawa Timur ada destinasi wisata pantai yang serupa, namanya Pantai Clungup.

Pantai Clungup merupakan sebuah pantai di pesisir selatan pulau Jawa yang terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Destinasi wisata alam mirip Raja Ampat ini merupakan surga tersembunyi yang sangat indah dan terbilang masih baru serta relatif sepi dari pengunjung.

"Umumnya pantai di laut selatan memiliki ombak yang besar, namun berbeda dengan Pantai Clungup, pantai tersebut memiliki ombak yang cukup tenang setidaknya 500 meter hingga ke tengah laut," tulis keterangan dari laman Instagram @infowisatamlg.

Baca Juga: 6 Kota Tertua di Dunia, Objek Wisata Sejarah Peradaban Manusia 

Hal tersebut dikarenakan Pantai Clungup terlindungi oleh beberapa pulau kecil yang ada di depan pantai. Ketika air laut sedang surut, traveler bisa menuju kawasan Pantai Grata melalui lautan hamparan pasir Clungup.

Keberadaan karang-karang dan pulau kecil di sekeliling pantai mempercantik panorama alam yang masih asri. Oleh karena itu, lokasi Pantai Clungup sangat cocok bagi anda yang menyukai kegiatan camping atau berkemah.

Kedalaman pantai juga cukup dangkal sehingga bisa dipakai untuk berenang di sepanjang tepian pantainya. Namun Anda harus tetap berhati-hati, karena di dasar pantai banyak batu dan karang yang cukup tajam.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pemandangan berupa tiga buah pulau kecil dengan karang-karang siap memanjakan mata anda, terlebih dengan suasana yang masih alami. Kompisisi alam di Pantai Clungup berupa perbukitan, kebun penduduk, dan lebatnya hutan bakau seakan tidak pernah menyesal kala berkunjung ke sini dan pasti membuat Anda ketagihan untuk berkunjung kembali.

Selain itu Anda juga bisa snorkeling atau scuba diving di kawasan Pantai Clungup ini yang menawarkan panorama bawah laut yang menawan dan indah. Untuk Anda yang tidak mempunyai alat snorkeling, tenang saja, karena di kawasan tersebut disewakan alat snorkeling dengan cukup membayar Rp15 ribu per orang.

Jika berniat mengunjungi Pantai Clungup, lokasi pantai tersebut berjarak 72 km dari pusat Kota Malang atau kurang lebih 2 jam, menggunakan kendaraan bermotor. “Anda bisa mengikuti petunjuk ke arah Pantai Sendangbiru. Setelah itu, masuk ke kanan yaitu jalan menuju Pantai Goa China," tambah keterangan informasi tersebut.

Ikuti papan petunjuk jalan menuju Pantai Clungup hingga sampai disebuah desa tempat kantor Clungup Mangrove Conservation. Dari sini, anda harus berjalan kaki sejauh 1 kilometer untuk menuju lokasi Pantai Clungup.

Kawasan Pantai Clungup buka hingga 24 jam karena kawasan pantai tersebut sering dijadikan tempat untuk berkemah atau camping oleh pengunjung. Sedangkan harga tiket masuk cukup murah, hanya perlu membayar Rp5.000 per orang untuk Anda bebas mengeksplor dan menikmati pesona Pantai Clungup yang dijuluki “Raja Ampat ala Malang" ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini