Share

Olahraga Air Terbaik di Labuan Bajo

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Rabu 18 November 2020 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 18 25 2311539 olahraga-air-terbaik-di-labuan-bajo-jRMA6agZmU.jpg Foto: Dok Okezone

Labuan Bajo, sebuah wilayah pesisir di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, muncul sebagai salah satu destinasi wisata yang cukup populer #DiIndonesiaAja. Labuan Bajo berhasil menjadi magnet bagi wisatawan lokal hingga mancanegara untuk menikmati keindahan alamnya. Bukan hanya pantai dan lautnya yang indah, Labuan Bajo juga menjadi tempat yang tepat untuk melakukan perjalanan antar pulau, menemukan keindahan air terjun, hingga goa air laut yang menawan.

Setelah ditutup sementara akibat pandemi, Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo (TNK), akhirnya kembali dibuka untuk pariwisata sejak 1 Juli 2020. Wisatawan yang diizinkan datang sementara ini hanya dari Indonesia. Bagi kamu yang berminat berwisata ke Labuhan Bajo dan TNK, dapat mendaftar online di https://booking.labuanbajoflores.id/. Di laman tersebut calon wisatawan perlu mengisi data pendaftar, seperti nama, NIK/paspor, nomor handphone, email dan lain-lain. Selain itu, calon wisatawan juga perlu mengunggah surat kesehatan.

Wisata #DiIndonesiaAja harus menerapkan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE), yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Bagi kamu yang berencana melakukan wisata ke Labuan Bajo, tidak cukup hanya menikmati keindahan alamnya yang masih asri, tapi juga dapat melakukan olahraga air di beberapa spot yang ada di Labuan Bajo. Berikut ini beberapa lokasi olahraga air terbaik di Labuan Bajo:

1. Pulau Sebayur

Pulau kecil ini telah dipilih sebagai salah satu lokasi terbaik untuk snorkeling dan diving. Masih banyak atraksi lain yang bisa dinikmati di sini. Alamnya masih asli. Sebagian besar pulau ini ditutupi bukit hijau dan teduh. Atmosfernya cukup menyegarkan. Kamu bisa menghilangkan penat di pulau ini. Pulau ini merupakan tempat yang tepat untuk olahraga air. Kamu tidak perlu membawa peralatan selam. Resor di sini menyediakan fasilitas dan perlengkapan bagi wisatawan. Bahkan ada paket diving. Selain itu, ada banyak spot menyelam terdekat. Ini termasuk Crystal Rocks, Castle Rock, Batu Bolong, dan lainnya. Untuk mencapai titik-titik ini, kamu harus mengendarai kapal lokal.

 

Komodotraveling.com

2. Pulau Kelor

Pulau Kelor adalah destinasi paling dekat dengan pelabuhan Labuan Bajo. Pasir putih dan perairan jernih melingkupi pulaunya. Pulau Kelor selain dikenal dengan lanskapnya yang indah juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang masih alami. Air laut yang jernih, tenang, dan terumbu karang yang masih alami bakal menemani aktivitas snorkeling di sini. Ombak pulau Kelor relatif tenang, sehingga cocok untuk kamu yang ingin sekadar berenang santai di tepi pantai. Selain cocok untuk aktivitas renang dan snorkeling, Pulau Kelor juga cocok banget buat free diving. Kamu bisa menyelam agak dalam tanpa kuatir terbawa arus yang deras. Kamu akan ditemani ikan warna-warni selama menyelam. Dan nggak ketinggalan juga pastinya terumbu yang cantik dan masih alami.

 

Labuanbajotour.com

3. Pantai Manjarite

Spot snorkeling amat menyenangkan karena arus di sini tak terlalu deras dan ombak yang juga bersahabat. Air di kawasan Pantai Manjarite terbilang bersih dan kamu harus hati-hati dengan bulu babi yang begitu banyak tersebar di sini. Pantai Manjarite merupakan spot diving yang cantik ditambah arus laut yang tenang. Ada dermaga kayu di Pantai Manjarite. Ya, ini bisa jadi spot foto yang cantik dan pastinya instagramable. Kamu bisa melompat dari dermaga di Pantai Manjarite, namun tetap hati-hati saat naik karena begitu banyak tiram yang menempel di kayunya. Siapkan kamera bawah laut untuk menjelajah daerah sini, ya.

 

Komodotraveling.com

4. Pink Beach

Nama Pink Beach memang tidak diambil secara sembarangan, pasalnya pantai ini memang memiliki pasir lembut berwarna merah muda. Perpaduan antara warna pasir lembut dan cantik serta air laut yang jernih mampu membuat panorama di sekitar Pink Beach menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Selain indah di permukaan, Pink Beach juga mempunyai pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Dengan kondisi ombak yang tenang serta air yang sangat jernih pastinya kegiatan menyelam akan sangat menyenangkan. Tak kalah menarik adalah keindahan bawah lautnya. Penyuka scuba diving akan langsung dimanjakan oleh pemandangan yang sangat indah dan tak terlupakan. Suasana pantainya juga cocok buat yang ingin melewati momen romantis dengan pasangan.

 Okezone

5. Pulau Bidadari

Secara umum, pulau yang terletak di antara gugusan pulau di Labuan Bajo ini memiliki panorama wisata bahari yang menakjubkan. Pulau ini menjadi salah satu primadona wisata karena terdapat taman laut, dengan keanekaragaman ikan hias. Nama pulau ini nampaknya memang sesuai untuk menggambarkan keindahan yang dimilikinya. Pulau ini memiliki suasana yang sangat tentram dan menenangkan. Kealamian pohon yang tumbuh di sini akan membuatmu selalu merasa sejuk. Selain itu, kejernihan perairan di sekitar Pulau Bidadari membuat pulau ini sering dimanfaatkan untuk snorkeling.

 

Pedomanwisata.com

6. Manta Point

Manta Point adalah lokasi favorit para penyelam, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang sengaja jauh-jauh kemari untuk menengok keindahan bawah laut di Labuan Bajo. Di Manta Point, kamu bisa melihat berbagai jenis ikan berenang dengan bebas serta terdapat juga keanekaragaman dari terumbu karang yang eksotis. Kemudian ada satu lagi yang paling populer di sini. Sesuai namanya, Manta point, kamu bisa menyaksikan secara langsung ikan pari Manta atau yang kerap dijuluki pari raksasa. Kamu bisa merasakan pengalaman menyelam yang istimewa dengan ditemani oleh puluhan ikan manta.

 

Labuanbajotour.com

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata olahraga air terbaik di Labuan Bajo, yang bisa kamu coba. Tempat-tempat di Labuan Bajo memang terkenal dengan kemurnian alamnya yang masih terjaga, sehingga tempat wisata di sini sangat pas digunakan untuk menyegarkan jiwamu kembali. Tetap patuhi protokol kesehatan selama melakukan wisata olahraga air di Labuan Baju, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengecek suhu tubuh secara berkala. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai referensi wisata di sini.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini