Share

Wisata Kuliner Legendaris di Malang, Kedainya Ada Sudah Berdiri Sebelum RI Merdeka

Jaya Wanda Puspa Bekti, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 301 2314561 wisata-kuliner-legendaris-di-malang-kedainya-ada-sudah-berdiri-sebelum-ri-merdeka-2jx8a4QIGT.jpg Puthu Lanang Celaket (Instagram @santi_wijaya_kuliner)

MALANG, Jawa Timur bukan hanya memiliki segudang objek wisata dan keindahan alam yang apik. Daerah ini juga memiliki sederet kuliner tradisional dan legendaris dengan cita rasa yang lezat.

Bakso bukan hanya satu-satunya makanan legendaris di Malang. Ada beberapa makanan legendaris lain yang bahkan kedainya sudah ada sebelum Indonesia merdeka.

Cita rasa yang tidak berubah karena resep turun-menurun menjadikan beberapa kuliner ini diburu oleh para pelancong atau penyuka wisata kuliner.

Baca juga: Wisata Kuliner Legendaris di Malioboro, Ini Deretan Warungnya

Makanan legendaris memang tidak jauh dari kesan tradisional, namun itulah keunikanya. Disaat para pembisnis bersaing membuka restoran mewah, tetapi makanan tradisional dan legendaris tetap selalu eksis dengan resep otentik yang disukai oleh semua kalangan.

Jika ada kesempatan untuk berlibur ke Malang, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner legendaris sebagai berikut :

1. Ronde Titoni

Ronde adalah salah satu minuman yang berasal dari Tiongkok, namun seiring berjalanya waktu ronde menjadi minuman khas ini bisa ditemukan di daerah Jawa.

Di Malang, terdapat kedai ronde yang sudah ada sejak tahun 1948. Bernama Ronde Titoni yang berada di Jalan Zainul Arifin No.17, Malang, Jawa Timur. Buka pukul 19.00-23.00 WIB (Minggu tutup).

ilustrasi

Ronde Titoni (potretmalang.com)

Ronde dibuat dari tepung ketan yang diberi air lalu dibentuk menjadi bola dan direbus. Biasanya ronde disajikan bersama wedang yang merupakan minuman jahe manis hangat, maka banyak orang menyebutnya sebagai Wedang Ronde.

Di kedai Ronde Titoni, selain menjual ronde dengan isian kacang lumer juga menyediakan wedang angsle, roti goreng, kacang kuah dan cakwe.

Baca juga: Ini 6 Kuliner Favorit Presiden Soekarno

Minuman ini sangat cocok diminum ketika cuaca dingin untuk menghangatkan tubuh.

2. Puthu Lanang Celaket

Puthu adalah makanan tradisional Nusantara yang mudah dijumpai dimanapun. Salah satu kedai Puthu di Malang sudah beroprasi sejak tahun 1935, bernama Puthu Lanang Celaket yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto No.73, Malang, Jawa Timur.

Puthu terbuat dari tepung beras yang biasanya diberi pewarna hijau, isian puthu adalah gula merah. Cara memasaknya dengan memasukan tepung beras kedalam lubang bambu dan beri isian gula lalu padatkan. Kemudia kukus dan beri paruran kelapa kukus agar rasa lebih gurih.

Cita rasa puthu sangat lezat, karena lelehan gula dan gurihnya kelapa menyatu menjadi satu. Walaupun jajanan tradisional, eksistensi puthu tidak hilang dikalangan masyarakat.

Selain menjual puthu, kedai ini menjual kue tradisional lain seperti klepon, kue lapis dan cendil. Buka setiap hari mulai dari pukul 17.30-21.30 WIB.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Toko Kue Madjoe

Toko Kue Madjoe adalah toko yang menjual berbagai macam kue kering yang dibuat homemade dengan resep yang turun-temurun sejak tahun 1930.

Kue-kue kering yang diletakan di toples besar dan di pajang di etalase membuat kesan tersendiri seperti berada di rumah si mbah atau rumah nenek.

Jenis kue yang dijual seperti pada umumnya, diantaranya yakni kue semprit, kue sagu, kue kenari dan speculas yang lezat. Cemilan ini bisa dijadikan oleh-oleh khas Malang yang legendaris.

ilustrasi

Kue kering Toko Madjoe (Instagram @rakhaleda)

Lokasinya berada di Jalan besar No. 308, Sukoharjo, Kota Malang, Jawa Timur. Buka setiap hari mulai dari pukul 08.00-18.30 WIB. Spesial di hari minggu Toko Kue Madjo tutup lebih awal yakni pukul 13.00 WIB.

4. Pos Ketan Legenda

Pos Ketan Legenda adalah kedai jajanan ketan yang sudah berdiri sejak tahun 1967. Berlokasi di Jalan Kartini No.6, Ngaglig, Batu Sisir, Kecamatan Batu, Malang. Jawa Timur. Jam operasional mulai pukul 09.00-00.00 WIB, namun khusus sabtu tutup pukul 01.00 WIB.

Ketan merupakan makanan khas nusantara yang terkenal lezat dan legit. Ketan sendiri terbuat dari beras ketan dan santan yang dikukus dan ditumbuk agar tektur menjadi lebih halus dan lengket.

Kedai ini menjual ketan dengan variasi topping yang manis dan melimpah. Beberapa toping yang tersedia yakni cokelat, susu, kacang, meses, keju dan durian.

Perpaduan gurih dari ketan dan manisnya topping sangat cocok dinikmati bersama segelas teh hangat di cuaca yang dingin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini