Share

Yuk Jajal 4 Kuliner Surabaya saat Libur Akhir Tahun Nanti

Chotimah, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 07:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 301 2314727 yuk-jajal-4-kuliner-surabaya-saat-libur-akhir-tahun-nanti-fJKCJ6HyJG.jpg Bebek Tugu Pahlawan. (Foto: Instagram @separuhakulemak)

LIBUR akhir tahun akan segera tiba, mungkin Anda ingin mudik ke Surabaya. Kalau iya, jangan lupa cicipi kuliner Surabaya di seputar Tugu Pahlawan.

Anda tak hanya sekadar mengenal sejarahnya, melainkan Anda juga mengenal ragam kuliner Surabaya yang dijajakan sekitar Tugu Pahlawan. Anda bisa menjumpai sederet kedai yang menjajakan kuliner khas di area Tugu Pahlawan.

Penasaran apa saja tempat kuliner yang wajib Anda singgahi? Inilah 4 rekomendasi kuliner Surabaya di seputaran Tugu Pahlawan.

Nasi Empal Pengampon

 nasi empal

Menyusuri sekitar Tugu Pahlawan kurang lengkap jika tak mencicipi kuliner satu ini, Ya. Namanya Warung Nasi Empal Pengampon. Meski terletak di gang sempit, kuliner khas Surabaya ini justru selalu dipadati oleh pelanggan. Mulai dari warga sekitar maupun wisatawan yang sedang berlibur ke Surabaya.

Warung ini menyajikan menu andalan yakni nasi empal pengampon, dengan seporsi dibanderol sekitar Rp25.000 saja. Dalam seporsi nasi empal disajikan secara lengkap berupa lauk Empal serta tumis kacang panjang dan kering kentang sebagai pelengkap.

Tidak lupa pula, lalapan timun dan sambal bagi yang cinta pedas.

Rasa pada daging empalnya manis gurih seimbang dengan sambalnya yang juga sedikit manis pedas sehingga membuat Anda ketagihan. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.

Adapun menu lain yang tersedia yakni sajian bubur ayam, sahohun, mi ayam serta aneka gorengan yang bisa Anda cicipi di sini.

Letaknya masih di sekitaran Tugu Pahlawan, tepatnya di Jalan Pengampon II No.3, Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantian. Adapun jam operasionalnya mulai pukul 08.00-21.00 WIB, jadi cocok juga untuk disantap saat malam hari.

Baca Juga: Libur Akhir Tahun Sudah Dekat, Wishnutama Gencarkan Protokol CHSE

Bebek Tugu Pahlawan

Lapar saat menelusuri sekitar Tugu Pahlawan? tenang, Anda bisa menjumpai warung sederhana yang menyajikan nasi bebek di depan Monumen Tugu Pahlawan. Dengan patokan ini membuat warung tersebut selalu dipenuhi oleh pelanggan baik dalam atau luar Kota Surabaya.

Bebek Tugu Pahlawan ini sangat terkenal di Kota Surabaya karena menyajikan hidangan nasi bebek ala Madura. Hidangan yang disajikan dengan bumbu kuning atau parutan kelapa yang dimasak hingga harum. Inilah yang menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner malam.

Beragam jenis bagian bebek di kedai ini seperti paha, dada dan jeroan. Bebek yang dimasak bersama bumbu rempah ini menimbulkan aroma rempah yang sangat kuat saat Anda menyantapnya, terlebih pelengkapnya seperti nasi hangat dan lalapan.

"Rasa bebeknya khas, uniknya makan di sini sambil gelap-gelapan. Kalau harga sih kurang worth it, karena masih banyak warung bebek lain yang lebih enak dan murah," ucap Nia, salah satu pengunjung warung ini.

Terletak di Jalan Tembaan Nomor 17 (Depan BCA Pahlawan) atau lebih mudahnya langsung berhenti di Monumen Tugu Pahlawan. Tempat ini buka pukul 18.00 WIB hingga nasi bebek habis. Harga seporsi nasi bebek dibanderol dengan harga Rp30 ribu, Anda bisa menikmati sensasi empuknya daging bebek serta bumbu kaya akan rempah.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Depot Nasi Campur Pojok Tambak Bayan

Kurang lebih 500 meter dari Tugu Pahlawan Anda akan menjumpai sebuah kedai penjual nasi campur halal di Surabaya. Berbeda dengan nasi campur pada umumnya, nasi campur khas Tambak Bayan ini memiliki tampilan serupa dengan nasi rames.

Anda bisa mendapati seporsi dengan harga Rp50.000 saja, sudah bisa menikmati nasi campur dengan perpaduan lauk pauk lengkap. Diantaranya daging ayam, bihun, tahu, telur rebus, taburan serundeng serta sambal pedas yang menggigit lidah.

Cita rasa yang disuguhkan pun terasa gurih karena adanya taburan serundeng pada hidangan. Hanya dengan seporsi nasi campur saja Anda sudah merasa kenyang. Apalagi jika dinikmati bersama keluarga atau kerabat tercinta.

Berbagai jenis menu juga bisa Anda nikmati yakni nasi pecel dan nasi rawon yang menggugah selera. Jarak lokasi kedai cukup mudah untuk dijumpai karena berdekatan dengan Tugu Pahlawan, tepatnya di Jalan Klampis Jaya, Klampis, Surabaya.

Pengunjung yang datang tak hanya dari warga Surabaya melainkan dari Kota lain yang sedang asyik berlibur ke Surabaya sambil mengenal sejarah Tugu Pahlawan.

Kedai ini buka setiap hari senin hingga sabtu, pukul 06.00-21.00 WIB. Sangat cocok bukan sebagai penangkal perut saat lapar pada pagi hari atau malam hari.

Hai Nan

Kuliner selanjutnya yang wajib Anda cicipi saat di area Tugu Pahlawan yakni hidangan nasi ayam hai nan. Sajian favorit Arek Suroboyo itu bisa Anda jumpai di Kedai Hai Nan yang berkonsep klasik ala Tionghoa. Beberapa sisi ruangan dengan ornamen gantung bernuansa Tiongkok. Hal itu menjadi daya tarik bagi pelanggan saat menikmati hidangan yang ada.

Hidangan tersebut disajikan dengan daging ayam yang direbus bersama kaldu menghasilkan cita rasa gurih yang meresap ke dalam kulit hingga daging.

Seporsi nasi ayam hanya dibanderol sekitar Rp50 ribu sehingga Anda bisa nikmati sembari merasakan suasana Tiongkok yang masih kental.

Letaknya cukup strategis karena terletak di pinggir jalan, tepatnya di Jalan Pahlawan, Kecamatan Bubutan. Jadi, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas Tiongkok ini saat berkunjung ke area Tugu Pahlawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini