Share

Sederet Danau Angker di Pulau Jawa, Nomor 3 di Belakang Istana Bogor

Riyandy Aristyo, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 06:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 408 2314886 sederet-danau-angker-di-pulau-jawa-nomor-3-di-belakang-istana-bogor-62tvSbL4Q7.JPG Ranu Kumbolo, danau di kawasan Gunung Semeru dikenal angker (Foto: Instagram/@ibnu_mln)

DANAU merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia karena keindahannya. Keberadaan menjadi alternatif bagi mereka yang jenuh deangan suasana pantai. Meski demikian, di balik pesonanya, ternyata ada sejumlah danau yang menyimpan cerita mistis.

Berikut deretan danau khusus di Pulau Jawa yang diyakini angker seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Telaga Warna (Bogor, Jawa Barat)

Masyarakat sekitar Telaga Warna yang percaya danau tersebut dihuni dua jin yang menyamar sebagai ikan purba berwarna hitam dan kuning. Jika pengunjung datang dan bisa melihat ikan itu, diyakini akan awet muda.

2. Telaga Herang (Majalengka, Jawa Barat)

Telaga Herang tepat berada di kaki Gunung Ciremai yang sejuk. Siapapun yang bersikap sombong atau menyombongkan diri di telaga tersebut, niscaya bisa celakan atau tewas tenggelam.

Baca juga: Panorama Petung Sewu, Wisata dengan Segudang Spot Instagenik di Mojokerto

3. Danau Gunting (Bogor, Jawa Barat)

Danau yang berada di belakang Istana Bogor itu disebut-sebut dihuni makhluk gaib hitam berukuran besar. Di tengah danau ada pulau kecil di mana sering terjadi penampakan wanita Belanda.

4. Situ Bagendit (Garut, Jawa Barat)

Konon, di Situ Bagendit sering terlihat lintah raksasa yang dipercaya sebagai jelmaan Nyai Bagendit. Pengunjung yang datang Situ Bagendit wajib menjaga kesopanan agar tidak celaka.

5. Rawa Pening (Semarang, Jawa Tengah)

Saat malam hari, di Rawa Pening sering terdengar suara gamelan seolah ada hajatan. Ada juga siluman ular besar yang kabarnya menjaga Rawa Pening.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

6. Telaga Ngebel, Jawa Timur

Di Telaga Ngebel, cerita yang membuat merinding adalah adanya naga raksasa yang berada di dasar danau. Bahkan sering terdengar suara gemuruh yang katanya berasal dari naga tersebut.

7. Telaga Sarangan (Ponorogo, Jawa Timur)

Telaga Sarangan yang berada di Magetan juga terdapat mitos dua naga raksasa yang menjaga telaga ini. Siapapun yang bersikap tidak sopan dan berhati di telaga ini, dipercaya akan celaka.

8. Ranu Kumbolo (Tulungagung, Jawa Timur)

Siapa sangka danau yang punya keindahan alami di jalur pendakian Gunung Semeru ini menyimpan banyak kisah mistis. Salah satunya adalah sosok ikan emas berukuran besar yang ada di danau dan dipercaya sebagai dewi berkebaya kuning.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini