Share

5 Tempat Makan Nasi Kapau di Jakarta, Legendaris Banget

Dinny Ayu Anggarda, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 301 2321041 5-tempat-makan-nasi-kapau-di-jakarta-legendaris-banget-rPpfSMc7ee.jpg Nasi Kapau Bareh Solok. (Foto: Instagram bemp777)

NASI kapau adalah nasi rames khas Nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Nasi kapau selalu dilengkapi gulai nangka ciri khas nasi kapau.

Sama-sama berasal dari Sumatera Barat, ada sejumlah perbedaan signifikan antara nasi kapau dengan nasi Padang. Nasi kapau hanya dijual orang dari Kapau, nagari atau desa yang terletak di Kabupaten Agam.

Cara menampilkan menu masakan juga berbeda. Nasi kapau, memajang masakan di atas meja, sementara nasi Padang, meletakan masakannya di etalatase.

Perbedaan paling mencolok dari nasi kapau dan nasi padang adalah tersedianya gulai kapau atau tidak. Gulai berbahan dasar kol, nangka, dan kacang panjang dengan kuah gulai berwarna kuning memiliki rasa yang sedikit asam. Gulai kapau disantap bersama satu lauk, entah itu olahan ikan, ayam, daging, atau hidangan khas Kapau, rendang ayam.

Nasi kapau menjadi salah satu varian masakan khas Minang yang juga wajib dicoba pecinta kuliner. Beruntungnya, banyak tempat yang menjual nasi kapau di Ibukota. Tidak perlu harus terbang ke Padang atau Kabupaten Agam, Sumatera Barat, banyak tempat yang menjual nasi kapau di Jakarta dengan rasa otentik.

Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar

 nasi

(Instagram @jktfoodlova)

Salah satu penjual nasi kapau yang ikonik di Jakarta adalah warung Sabana Asli Nasi Kapau Hj. Zaidar. Berada di kawasan Jakarta Pusat, ada puluhan lauk yang bisa dipilih untuk mengisi perut. Gulai tambusu dengan usus sapi isian adonan telur dan tahu bisa menjadi menu favorit.

Itiak lado mudo atau bebek yang dimasak hingga empuk dengan sambal hijau juga sangat sedap untuk disantap. Dengan harga mulai dari Rp11 ribu, Anda dapat menikmati nasi kapau yang buka setiap hari terletak di Jalan Kramat Raya, Senen, Kota Jakarta Pusat.

Nasi Kapau Bareh Solok

Yang spesial dari kedai ini adalah beras yang digunakan kabarnya didatangkan langsung dari Solok, Sumatera Barat. Menu gulainya juga beragam dan memiliki cita rasa khas, yang wajib dicoba oleh pecinta kuliner. Berlokasi di Jalan Kramat, Senen, Jakarta Pusat, Anda dapat mencoba rasa nasi kapau yang dapat dibilang asli. Anda dapat merasakan mulai dari harga Rp10 ribu saja. Kedai ini buka mulai pukul 10.00 hingga tengah malam.

Baca Juga: Mau Makan Dimsum saat Liburan di Bandung? Ini 5 Pilihan Tempatnya

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nasi Kapau Uni Upik Senen

Satu lagi pilihan tempat menikmati nasi kapau di kawasan Senen, yaitu Nasi Kapau Uni Upik. Menu andalan yang ditawarkan di sini adalah gulai itiak cabe hijau dan gulai tambusu.

Gulai tambusu di sini memiliki ciri khas tersendiri. Usus sapi dengan telur dan tahu di dalamnya memiliki bumbu tambusu yang khas. Kedai yang terletak di Jalan Kramat Baru, Senen, Jakarta Pusat, buka setiap hari. Anda dapat menikmatinya dengan harga mulai dari Rp11 ribu dan porsinya yang lebih banyak dari normal.

Warung Makan Ibu Kacamata

Di kawasan Senen, Jalan Kramat Soka, Jakarta, Warung Nasi Kapau Ibu Kacamata menjadi tempat yang harus dikunjungi untuk menikmati hidangan khas Minang yang khas. Pasalnya, meski warung makan yang bisa dibilang letaknya tersembunyi ini memiliki popularitas yang amat tinggi.

Menu paling khas yang wajib dicoba di sini adalah dendeng cabe ijo yang pedas. Ada menu lain yang juga bisa dicoba, termasuk gulai kepala kakap hingga rendang daging dengan harga mulai dari Rp10 ribu.

Kedai Pak Ciman

Tidak semua penjual nasi kapau berjualan di emperan toko atau pinggir jalan. Mengusung konsep rumah makan besar, sentuhan otentik nasi kapau Kedai Pak Ciman tetap dipertahankan, termasuk cara menampilkan menu masakan. Bicara rasa, kedai ini tak kalah bersaing.

Berlokasi di The Bale Daan Mogot, Kalideres, Jakarta Barat, kedai ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB. Dengan harga mulai dari Rp15 ribu Anda dapat menikmati kemewahan nasi kapau di Kedai Pak Ciman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini