Share

Kemuliaan Sholawat dan Surah Al Kahfi di Malam Jumat, Disaksikan Malaikat

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 330 2321197 kemuliaan-sholawat-dan-surah-al-kahfi-di-malam-jumat-disaksikan-malaikat-mNJrYoNENP.jpg Membaca Surah Al-Kahfi sangat dianjurkan pada malam dan hari Jumat. (Foto:Shutterstock)
A A A

JAKARTA – Membaca Surah Al-Kahfi dan bersholawat adalah keutamaan saat malam Jumat dan hari Jumat.

Hari Jumat adalah hari sayyidul ayyam atau pemimpin para hari. Terdapat banyak keutamaan pada hari Jumat. Apalagi bila ditambah dengan membaca Al-Qur’an. Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam (SAW) juga mengajarkan kepada kita untuk membaca Surah Al-Kahfi dan bersholawat untuknya pada malam Jumat atau hari Jumat.

Baca Juga: Viral Sedekah Ratusan Porsi, Pedagang Mi Ayam: Bersedekah Jangan Menunggu Kaya

Hal ini terdapat dalam hadis yang menjelaskan bahwa, Dari Abu Said Al-Khudri Ra bahwasannya Rasullulah SAW bersabda, “Sungguh siapa yang membaca Surah Al-Kahfi di hari Jumat, maka baginya cahaya yang terang antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim).

Baca Juga: Guru Besar Cambridge Akui Urai Ilmu Bumi dari Hadis dan Al-Quran

Surah Al-Kahfi adalah salah satu surah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat jika dibaca. Membaca surah ini juga akan mendekatkan kita kepada ridha Allah Subhanallahu wa ta’ala (SWT).

Namun, ternyata tak hanya membaca Surah Al-Kahfi saja yang menjadi amalannya. Rasulullah SAW juga menganjurkan kepada umatnya untuk sunnah memperbanyak mengucapkan sholawat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebagaimana yang dijelaskan dari Channel Youtube Hasanah TV, oleh Ustaz Khalid Basalamah pada Kamis (03/12/2020).

“Hari Jumat atau malam Jumat perbanyaklah bersholawat. Sebagaimana sabda Nabi Shalallahu alaihi wa sallam dalam riwayat Ibnu Majah, ‘Perbanyaklah membaca sholawat untukku di hari Jumat, karena sesungguhnya sholawat kalian itu disaksikan oleh malaikat atau malaikat mendengarnya. Dan yang menyaksikan adalah malaikat, dan sesungguhnya seseorang tidaklah membaca sholawat kepadaku melainkan doa itu akan dihantarkan kepadaku, sehingga dia selesai bersholawat’.”

Jadi banyaklah membaca sholawat karena itu merupakan sunnah yang diajarkan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Sunnah inilah yang akan sangat bermanfaat untuk diri sendiri saat akhirat kelak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini