Share

Cara Mencegah agar Tidak Terkena Penyakit Mematikan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Okezone · Jum'at 04 Desember 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 04 612 2321706 cara-mencegah-agar-tidak-terkena-penyakit-mematikan-G7cwxvsY5R.jpg Olahraga agar sehat (Foto: CLH)
A A A

Penyakit tidak menular (PTM) seringkali diabaikan sebagian masyarakat. Mereka justru lebih aware tehadap berbagai penyakit menular seperti virus corona Covid-19. Padahal PTM ini justru lebih berbahaya dan menyumbang angka kematian yang cukup besar di dunia.

Sebelumnya World Health Organization telah merilis daftar penyakit mematikan di dunia. Meski demikian, masyarakat diimbau untuk tidak khawatir. Sebab penyakit-penyakit ini sebenarnya dapat dicegah sejak dini dengan pola hidup yang sehat. Merangkum dari Health Line, Jumat (4/12/2020), berikut ulasannya.

 penyakit jantung

1. Penyakit jantung iskemik atau penyakit arteri koroner

 Penyakit jantung koroner (PJK) terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke jantung menyempit. Anda dapat mencegah CAD dengan obat-obatan dan dengan menjaga kesehatan jantung.

Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko meliputi olahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, makan makanan seimbang yang rendah natrium dan tinggi buah-buahan dan sayuran, menghindari merokok, dan banyak minum air putih.

 

2. Stroke

Beberapa faktor risiko stroke dapat dikurangi dengan perawatan pencegahan, pengobatan, dan perubahan gaya hidup. Secara umum, penerapan kesehatan yang baik dapat menurunkan risiko Anda.

Metode pencegahan stroke mungkin termasuk mengontrol tekanan darah tinggi dengan obat-obatan atau operasi. Anda juga harus menjaga gaya hidup sehat, lengkap dengan olahraga teratur dan pola makan sehat yang rendah natrium. Hindari merokok, dan minum secukupnya saja, karena aktivitas ini meningkatkan risiko stroke.

 

3. Infeksi saluran pernapasan bawah

Salah satu tindakan pencegahan terbaik yang dapat dilakukan terhadap infeksi saluran pernapasan bagian bawah adalah melakukan vaksinasi flu setiap tahun. Orang yang berisiko tinggi terkena pneumonia juga bisa mendapatkan vaksin.

Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air untuk menghindari bakteri menular, terutama sebelum menyentuh wajah dan sebelum makan. Tetap di rumah dan istirahat sampai Anda merasa lebih baik jika Anda mengalami infeksi pernapasan, karena istirahat meningkatkan penyembuhan.

4. Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Tidak ada obat untuk PPOK, tetapi perkembangannya dapat diperlambat dengan pengobatan. Cara terbaik untuk mencegah PPOK adalah berhenti merokok dan menghindari asap rokok orang lain penyebab iritasi paru-paru lainnya. Jika Anda mengalami gejala PPOK, mendapatkan perawatan sesegera mungkin akan jauh lebih baik.

Baca juga: 4 Tips Berteman dengan Mantan Tanpa Baper

5. Kanker pernapasan

Selain menghindari asap dan produk tembakau, tidak diketahui apakah ada hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker paru-paru. Namun, deteksi dini dapat meningkatkan pandangan Anda dan mengurangi gejala kanker pernapasan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini