Share

5 Kuliner Tradisional Ini Siap Goyang Lidahmu saat Liburan di Kudus, Apa Saja?

Ika Widi Oktavina, Jurnalis · Jum'at 18 Desember 2020 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 301 2329671 5-kuliner-tradisional-ini-siap-goyang-lidahmu-saat-liburan-di-kudus-apa-saja-J4yloh0pJE.jpg Nasi pindang Kudus (Lentera Resep)

DIJULUKI sebagai kota kretek, Kudus ternyata punya sederet destinasi wisata menarik dikunjungi. Kabupaten di Jawa Tengah ini juga punya aneka macam kuliner tradisional yang lezat.

Ragam kuliner ini sering jadi santapan wisatawan yang pelesiran ke Kudus.

Berikut 5 makanan khas Kudus yang harus Anda cicipi :

1. Soto Kudus

Kudus juga memiliki soto khasnya yang terdiri dari irisan daging kerbau atau ayam, taoge, seledri, dengan kuah cenderung bening campuran rempah seperti bawang putih, bawang merah, cengkeh, kemiri, serai, daun salam, dan jintan. Rasanya segar dan gurih.

Baca juga: Sejam Nunggu Stempel Swab Test, Hotman Paris Semprot Pimpinan Bandara Soetta

Soto khas Kudus biasanya disajikan dalam mangkok kecil. Soto Kudus kini juga dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia.

ilustrasi

Soto Kudus

2. Nasi Pindang

Pada umumnya pindang memakai ikan, namun nasi pindang Kudus menggunakan daging kerbau. Mayoritas penduduk Kudus penganut Hindu sehingga ada larangan menyembelih sapi.

Nasi pindang khas Kudus berasal dari Desa Colo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Makanan khas ini berupa nasi putih, daging kerbau yang disajikan dengan kuah pindang dan daun so atau daun melinjo.

Baca juga: 5 Kafe Bertema Alam di Bogor, Pas Buat Melepas Stres Akhir Pekan

Dulunya merupakan hidangan mewah untuk bangsawan, hingga menjadi sajian ketika hajatan atau pesta. Namun seiring berkembangnya zaman, nasi pindang tersedia juga di kedai pingir jalan hingga restoran.

3. Lentog Tanjung

Sarapan sangat penting bagi banyak orang. Nah kalau sedang berada di Kudus ada menu pagi yang harus Anda cicipi yaitu Lentog Tanjung.

Makanan khas Kudus ini terdiri dari irisan lontong, sayur tahu, sayur tewel (nangka muda), taburan bawang goreng dengan telur bacem dan sambal lombok (cabai) utuh sebagai pelengkapnya.

"Pagi-pagi gini enaknya makan Lentog Tanjung nih. Apalagi kalau dimakannya pakai sambel cabe utuh sama sate telur puyuh. Udah gitu harganya juga nyaman dikantong," tulis akun Instagram @pemkabkudus.

Sedangkan penamaan Lentog Tanjung terdiri dari kata Lentog yang berarti lontong dan Tanjung dari Tanjungkarang, tempat makanan ini berasal. Kini Anda bisa menemukan di berbagai kawasan di Kudus.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Sate Kerbau

Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke Kudus namun tidak mencicipi sate kerbau. Sebab selain soto Kudus, makanan ini merupakan ciri khas dari Kota Kretek tersebut dan sudah ada sejak zaman Sunan Kudus.

Sate Kerbau adalah olahan dari daging kerbau giling, yang sebelumnya sudah dimarinasi bumbu. Setelah itu dililitkan pada tusuk sate kemudian dibakar di atas arang hingga matang.

Sate kerbau di Kudus disajikan dengan siraman bumbu kacang bersama nasi hangat dan cabai rebus untuk memberi rasa pedas.

Mengutip dari laman Perpus Jateng, tekstur dagingnya empuk mirip dengan dendeng sapi dan rasanya sangat lezat. Sate kerbau banyak dijual di sekitar Jalan Gang I, Jalan Gang III, maupun Jalan Pemuda, Kota Kudus.

ilustrasi

5. Opor Bakar

Di Kudus terdapat variasi olahan opor, yakni opor bakar. Makanan khas Kudus ini telah ada sejak tahun 1960-an. Opor Bakar memiliki cita rasa yang gurih, manis dan sedap.

Sesuai namanya, cara pembuatan opor bakar sama seperti opor pada umumnya dan memakai ayam kampung serta jika bumbu opor sudah meresap akan dibakar langsung di atas bara api hingga merata.

Opor bakar disajikan bersama nasi hangat dan sambal goreng tahu sebagai lauk pendampingnya. Cocok disantap saat pagi hari dengan tambahan kerupuk juga teh hangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini