Share

5 Tempat Wisata Populer di Yogyakarta Beraroma Mistis, Bikin Merinding

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 408 2339240 5-tempat-wisata-populer-di-yogyakarta-beraroma-mistis-bikin-merinding-POj4rwgdCi.jpg Benteng Vredeburg di Yogyakarta (Vredeburg)

LIBURAN cara ampuh menghilangkan stres dan penat. Yogyakarta bisa menjadi pilihan yang pas untuk dikunjungi untuk berwisata. Daerah Istimewa ini punya bermacam destinasi wisata menarik, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, kuliner, kekinian hingga yang berbau mistis.

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berbeda, bisa mencoba untuk mengunjungi tempat-tempat wisata beraroma mistis. Apalagi bagi Anda pencinta horor, tidak ada salahnya untuk menguji keberanian.

Baca juga: 5 Jajanan Tradisional Khas Yogyakarta, Ada yang Eksis Sejak Era Kerajaan Mataram

Berikut ini 5 destinasi wisata populer di Yogya tapi punya cerita mistis yang dikutip Okezone dari channel Youtube Mahasiswa Siluman :

1. Benteng Vredeburg

Destinasi wisata yang satu ini memang sangat populer di kalangan wisatawan karena sarat akan nilai sejarahnya. Letaknya yang berada di pusat kota membuat Benteng ini sangat ramai dikunjungi terutama pada momen liburan seperti ini.

Jika anda berkunjung ke Yogya, anda wajib memasukkan Benteng Vredeburg dalam list tempat Anda.

Ilustrasi

Benteng Vredeburg

Dikutip Okezone dari situs resmi Benteng Vredeburg, benteng ini dibangun pada tahun 1760 dan dijadikan Belanda untuk mengawasi segala kegiatan yang dilakukan pihak keraton Yogyakarta. Siapa sangka bangunan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi ini memiliki cerita mistis di baliknya.

Konon di tempat ini sering nampak sosok noni Belanda berkaki kuda dan pasukan Belanda tanpa kepala. 

2. Gereja Gothic Sayidan

Meskipun masyarakat setempat menyebut tempat ini Gereja Gothic, namun bangunan yang berada di Prawirodirjan, Gondokusuman, Yogyakarta ini sama sekali bukan Gereja. 

“Bangunan ini sebenarnya merupakan hunian yang hampir 15 tahun ditinggalkan oleh pemiliknya. Konon katanya, rumah epic bergaya Vatican yang masih gagah berdiri ini dibangun pada tahun 1986-1987, oleh seorang kerabat dari Keraton Yogyakarta.” dtulis akun Instagram @jogjascenery.

Sekarang tempat ini dibuka untuk umum dan dapat anda kunjungi sebagai destinasi wisata. Desain bangunan yang unik menyerupai kastil Eropa ini sangat Instagramable dan cocok untuk Anda yang suka foto-foto.

Karena sudah lama tak ditempati, bangunan ini kemudian menunjukkan kemistisannya.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun, Yuk Jelajahi 5 Air Terjun Indah di Bantul

Konon katanya gereja ini dulu merupakan sebuah tempat beribadah oleh aliran sesat. Dan menurut kabar orang-orang setempat, gereja ini memiliki penunggu yang kerap menampilkan sosoknya ketika pengunjung sedang asyik berfoto.

3. Kandang Menjangan Panggung Krapyak 

Tempat ini dulunya merupakan tempat pengintaian yang digunakan oleh Raja-Raja Mataram untuk berburu hewan. Lama kelamaan, bangunan yang terletak di Jalan KH. Ali Maksum, Sewon, Bantul ini kemudian menjadi salah satu tempat paling angker di Yogyakarta.

Saking angkernya, siapapun dilarang masuk kedalamnya dan hanya boleh masuk apabila ditemani oleh juru kunci tempat tersebut.Ilustrasi

Panggung Krapyak (kebudayaan.kemendikbud.go.id)

Jika tidak, maka konon risikonya adalah mulai dari penampakan, hingga kejadian ganjil akan menimpa orang tersebut. Namun kini bangunan ini telah direvitalisasi sehingga mengurangi kesan angker di dalamnya.

Untuk mengunjungi spot wisata ini tidak dikenakan biaya atau gratis. Hanya saja, Wisatawan dikenakan biaya parkir kendaraan. Sedangkan untuk waktu kunjungan sebaiknya mulai dari pukul 07.00 sampai 18.00 WIB.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Plaza Ambarrukmo 

Mall ini disebut-sebut juga memiliki cerita mistis di baliknya, Okezoners. Siapa sangka salah satu Mall terbesar di Yogyakarta ini termasuk tempat yang paling angker di Yogyakarta.

Konon katanya, Mall yang lebih dikenal dengan sebutan Amplaz ini dibangun diatas tanah pesanggrahan peninggalan Sultan Hamengkubuwono ke 7 yang sakral. 

Spot paling mistis yang ada di mall ini yaitu ada di toilet lantai 1. Konon makhluk penunggu mall ini kerap menjelma menjadi manusia kemudian masuk ke dalam toilet yang ada di lantai 1.

Namun setelah itu, dirinya tidak kunjung keluar atau menghilang begitu saja. Hal ini yang sering bikin pengunjung mall bahkan petugas kebersihan di sana ketakutan.

5. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo merupakan objek wisata alam yang terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi DIY, sekitar tiga puluh kilometer di sebelah selatan kota Yogyakarta. Pantai ini juga berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Ilustrasi

Nuansa sakral akan sangat terasa ketika Anda menginjakkan kaki di pantai ini. Wangi kembang setaman akan segera tercium ketika melewati deretan penjual bunga yang dengan mudah dijumpai, berpadu dengan wangi kemenyan yang dibakar sebagai salah satu bahan sesajen.

Menurut kepercayaan masyarakat, pantai ini merupakan gerbang masuk menuju kerajaan pantai selatan yang dipimpin oleh Nyi Roro Kidul.

Konon katanya, dalam waktu tertentu pantai ini selalu meminta tumbal berupa manusia. Beberapa kasus meninggal atau hilangnya pengunjung akibat terseret ombak selalu dikaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul.

Namun dibalik kisah mistisnya, pantai ini memiliki pesonanya tersendiri. Wisatawan dapat menyaksikan sunsetnya yang indah sembari menaiki kereta kuda yang ada di pantai ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini