Share

Pelesir ke Pontianak, Yuk Singgah di 4 Objek Wisata Ini

Adella Christyanti, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 408 2344027 pelesir-ke-pontianak-yuk-singgah-di-4-objek-wisata-ini-pa4EzQqUAz.JPG Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kalbar (Foto: Instagram/@hafidhyusril)

BERDOMISILI di tengah kota dengan segala kesibukan pasti membuat Anda stres. Terdapat cara untuk rileks sejenak sekaligus melepas penat bersama keluarga, teman, maupun kolega.

Pontianak yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat kerap kali dikunjungi wisatawan dari luar kota.

Bagaimana tidak, keindahan yang memikat, menjadi kota yang terkenal Sungai Kapuasnya tersebut, menjadi magnet wisatawan yang sedang berkunjung ke sana.

Wisata di Pontianak sendiri sangatlah lengkap. Mulai wisata edukasi, religi, destinasi sejarah, wisata kuliner dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Jajanan Jadul Khas Pontianak, Sudah Pernah Coba?

Nah kali ini Okezone akan mengulas sejumlah tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di Pontianak. Berikut ulasannya seperti mengutip dari channel YouTube Buletin iNews.

1. Tugu Khatulistiwa (Equator Monument)

Tugu ini dilalui garis khatulistiwa yaitu garis imajiner yang membagi bumi di belahan utara dan selatan.

Tugu Khatulistiwa memang menjadi ikon Kalbar, khususnya Kota Pontianak. Selain Anda bisa menikmati keindahan arsitektur Tugu Khatulistiwa, Anda juga bisa belajar mengenai berbagai informasi garis khatulistiwa.

2. Istana Kadriah

Bagi kalian yang senang dengan tempat bersejarah, maka Pontianak adalah menjadi kota yang tepat untuk Anda kunjungi. Selain Tugu Khatulistiwa, ada juga tempat bersejarah lainnya, yaitu Istana Kadriah.

Istana Kadriah

(Foto: kratonpedia)

Istana ini merupakan milik kesultanan Pontianak yang berdiri sejak 1971, di sini tersimpan lembaran transkrip naskah rancangan burung garuda sebagai lambang negara yang dibuat Sultan Hamid II.

3. Danau Sentarum

Sebagai objek wisata utama danau ini sangat unik, yaitu Danau Sentarum yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu.

Danau ini tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal saja, tapi juga dari wisatawan negara tetangga Malaysia. Sebab, danau ini tidak jauh dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau.

Danau Sentarum

(Foto: ksmtour)

"Kawasan wisata yang akan kita kembangkan harus mematuhi semua kaidah-kaidah, perlindungan dan pelestarian lingkungan hidup. Termasuk dalam konteks pengembangan Danau Sentarum sebagai distribusi dinas wisata," ujar Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Pulau Sepandan

Pulau Sepandan ialah satu dari sekian banyak destinasi wisata di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

Pulau Sepandan

(Foto: Facebook/Tawak Borneo)

Di sini pengunjung bisa berselfie ria sambil menikmati keindahan Danau Sentarum yang berada di jantung Kalimantan. Namun, sayangnya Pulau Sepandan saat ini masih ditutup untuk umum imbas pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini