Share

8 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Traveling ke Korea Utara, Awas Kena Sanksi!

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 549 2344322 8-hal-yang-wajib-diketahui-sebelum-traveling-ke-korea-utara-awas-kena-sanksi-6R0sZo9kbI.JPG Salah satu ikon wisata Korea Utara (Foto: worldnomads)

PERNAHKAH terpikir bagaimana rasanya menjelajahi Korea Utara? Ya, destinasi satu ini merupakan negara yang tertutup dan memiliki segudang rahasia yang tentu bikin penasaran.

Negara tetangga Korea Selatan pimpinan Kim Jong-un itu juga tak pernah lepas dari kontroversi. Mulai hukum yang berlaku, hingga budaya dan tradisi cukup menyita perhatian.

Nah, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum bepergian ke Korea Utara agar tetap aman, sebagaimana dikutip Okezone dari laman World Nomads.

1. Wajib pakai agen wisata

Satu-satunya cara untuk mengunjungi Korea Utara adalah dengan jasa tur terdaftar dan disetujui yang menyediakan perjalanan yang disetujui negara. Anda tidak bisa bepergian sendirian ke Korea Utara.

Salah satu tur perjalanan yang disetujui negara adalah Koryo Tours. Dikutip dari laman resminya, Koryo Tours adalah perusahaan travel yang bertugas untuk perusahaan perjalanan untuk mempromosikan pertukaran budaya ke DPRK (Korea Utara).

Yang mana perusahaan ini telah bekerja sama dengan pemerintah Korea Utara. Mereka menawarkan paket lengkap mulai dari pembuatan Visa hingga paket destinasi menarik di Korea Utara.

Baca juga: Cegah Virus Korona, Korea Utara Tolak Kedatangan Wisatawan Asing

“Tur Korea Utara kami dirancang dengan tujuan memastikan Anda melihat dan melakukan sebanyak mungkin pengalaman di Korea Utara (RRDK). Mengunjungi negara ini adalah kesempatan sekali seumur hidup bagi banyak orang, dan kami menggunakan pengalaman Korea Utara selama 27 tahun untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari waktu Anda di sana," tulis perusahaan Koryo Tours dalam website resminya.

2. Situasi politik di Korea Utara

Korea Utara adalah negara komunis; yang mana Anda akan selalu diawasi. Personel keamanan pemerintah Korea Utara memantau dengan cermat aktivitas dan percakapan orang asing. Kamar hotel, telepon, dan mesin faks dapat dipantau, dan barang pribadi di kamar hotel dapat digeledah.

Kim Jong-un

Korea Utara adalah masyarakat tertutup dengan minimnya informasi tentang perkembangan politik internal. Meskipun akses ke saluran TV satelit internasional tersedia di hotel-hotel yang digunakan oleh orang asing, akses tersebut tetap dibatasi dalam keadaan tertentu.

Traveling seorang diri tidak diizinkan, Anda tidak boleh meninggalkan hotel tanpa pemandu, Anda tidak akan diizinkan untuk bepergian dengan sistem transportasi umum sama sekali, dan Anda serta pemandu Anda akan dihukum jika melanggar aturan.

3. Negara yang dibatasi

Ada beberapa negara yang bahkan tidak diizinkan masuk ke Korea Utara. Warga Korea Selatan tidak diizinkan masuk dan ada laporan kesulitan terkait warga negara Israel, Amerika, Inggris, dan Jepang. Namun, pada Januari 2010, Korea Utara mencabut larangan bagi warga Amerika yang kini bebas berkunjung kapan saja sepanjang tahun.

Jika Anda pemegang paspor AS, ketahuilah bahwa Anda harus memiliki validasi khusus untuk perjalanan ke Korea Utara dari Departemen Luar Negeri. Agen perjalanan spesialis Korea Utara dapat membantu Anda memilah-milah peraturan yang kompleks dan selalu berubah.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah di Korea Selatan

4. Aturan sangat ketat

Ketika Anda tiba di Korea Utara, pemandu Anda akan mengambil paspor Anda dan menyimpannya dengan "alasan keamanan". Selain itu, petugas perbatasan DPRK secara rutin menyita ponsel pengunjung pada saat kedatangan, mengembalikan ponsel hanya pada saat pulang.

Anda tidak akan memiliki akses ke siapapun atau apapun yang bukan bagian dari tur resmi Anda. Anda tidak akan mendapatkan wawasan apapun tentang cara hidup orang-orang Korea Utara setempat. Tur Anda akan sangat dikondisikan untuk mengunjungi hanya situs resmi, berbelanja di toko yang disetujui, dan berbicara hanya dengan pemandu resmi.

Jangan melanggar aturan tur apapun alasannya, sebab akan menyulitkan Anda dan pemandu Anda. Lakukan apa yang dilakukan pemandu, puji setiap perhentian dalam tur Anda, dan ingat aturannya. Itu artinya; 'Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan, lebih baik diam'.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

5. Hormati pemimpinnya

Sebagian besar, namun tidak semua rombongan wisata diminta untuk membungkuk dengan hormat dan meletakkan bunga di depan patung Kim Il Sung ketika mengunjungi monumen penting nasional. Pengunjung wajib selalu bertindak hormat di sekitar gambar para pemimpin Korea Utara.

Jika tidak, maka akan dikategorikan sebagai tindakan kriminal. Kedua tokoh negara itu yakni Kim Jong-Il dan Kim Il-Sung. Para pelanggar hukum di Korea Utara, baik disadari maupun tidak, maka akan dikeluarkan, ditangkap, atau dipenjarakan.

6. Hukum lokal yang berlaku

Otoritas Korea Utara dapat mendenda atau menahan Anda jika bertransaksi dengan mata uang yang tidak sah, seperti berbelanja di toko maupun tempat lainnya.

Dilarang memotret kecuali Anda diberi tahu bahwa Anda diizinkan. Otoritas Korea Utara mungkin menganggap pengambilan gambar yang tidak sah sebagai spionase, dan akan menyita kamera atau menahan fotografer.

Memotret pemandangan kemiskinan atau hal-hal lain yang dapat menimbulkan kesan negatif terhadap negara itu juga akan mengakibatkan penyitaan. Anda harus meminta izin sebelum mengambil foto di wilayah mereka, termasuk terhadap pejabat, tentara, atau orang lain.

7. Kejahatan di Korea Utara

Anda tidak akan terpengaruh oleh kejahatan serius apapun di Korea Utara. Kunjungan Anda akan dikontrol dengan sangat ketat sehingga Anda tidak akan berada dalam posisi untuk menjadi korban kejahatan.

Hal terburuk yang dapat Anda perkirakan adalah pencurian kecil-kecilan, terutama di Bandara Pyongyang dan pasar. Seperti biasa, Anda harus tetap berhati-hati, waspada terhadap lingkungan Anda dan memastikan barang-barang pribadi aman. Hanya karena gerakan Anda diatur dengan ketat, Anda tidak boleh terlalu berpuas diri.

8. Kesehatan di Korea Utara

Kunjungan Anda akan dikontrol dengan sangat ketat sehingga seharusnya tidak ada risiko nyata bagi kesehatan Anda di Korea Utara.

Namun, Malaria berisiko terutama di bagian selatan negara itu, dan penyakit ensefalitis Jepang tidak jarang terjadi.

Penyakit yang ditularkan melalui air, ditularkan melalui makanan, dan penyakit menular lainnya (termasuk tuberkulosis, tifus, hepatitis, campak, kolera, dan rabies) terjadi dengan wabah yang lebih serius yang terjadi dari waktu ke waktu. Namun, makanan Anda akan dikontrol dengan ketat dan Anda tidak akan memiliki akses ke makanan jalanan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini